PASCA BENCANA ASAP, RZ TANAM 1000 POHON DI PEKANBARU

RZ LDKO CilegonPEKANBARU. Relawan RZ (Rumah Zakat) cabang Pekanbaru mengadakan aksi penanaman 1000 pohon di salah satu wilayah binaan RZ, Okura, Kota Pekanbaru. Bibit-bibit pohon yang ditanam terdiri dari 450 bibit matoa, 100 bibit nangka hutan, 100 bibit sukun, 50 bibit nangka hutan dan 250 bibit trembesi.

Penanaman pohon dilakukan sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekitar dan upaya recovery pada lahan yang terkena dampak pasca bencana asap di kota tersebut. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara RZ Pekanbaru dengan FU Assalam, salah satu unit kegiatan mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim

“Pada saat terjadi bencana kebakaran di Riau, kami sudah melakukan beberapa aksi dalam penyebaran masker N95 dan buah buahan, serta pemadaman kebakaran lahan. Pasca bencana ini, kita harus kembali merecovery hutan yang telah terbakar dan melakukan reboisasi di tempat-tempat yang terkena dampak bencana, sehingga kota pekanbaru tetap mempunyai tanaman-tanaman yang berperan untuk menyegarkan udara,” papar Fajri Sabti, Koordinator Relawan RZ, Senin (7/12).

Kegiatan ini juga menjadi ajang bagi RZ Pekanbaru untuk merekrut calon relawan RZ yang baru. Selain itu juga menjadi bekal bagi mereka untuk bisa mengikuti pra pendidikan dasar (DIKSAR) bagi relawan baru.

Sebelum penanaman, para relawan melakukan olahraga pagi terlebih dahulu di kantor RZ, Jl. Nangka. Setelah itu baru seluruh peserta diarahkan ke lokasi penanaman di Okura dan di tempat penanaman ini, para calon relawan diberi materi survival, cara pembuatan bivoack, materi packing dan longmart sebagai pemanasan sebelum diksar dan tidak canggung ketika diksar dilaksanakan.***

Newsroom/Surianto
Pekanbaru

Tags :
Konfirmasi Donasi