PASCA LEBARAN, KELOMPOK TERNAK MTN AKAN DILATIH WIRAUSAHA

RZ LDKO CilegonSUBANG. Menjadi salah satu kelompok ternak (Poknak) yang terdaftar di salah satu desa di Kecamatan Ciater, Poknak Warga Saluyu yang merupakan Poknak Binaan MTN dengan Pendamping Masyarakat Ternak (PMT), Nana Hidayat dibantu desa untuk meningkatkan skill selepas lebaran nanti oleh lembaga pelatihan P2PAUDNI (Pusat Pelatihan Pendidikan Anak Usia Dini Non Informal) dari Jayagiri, Lembang.

“Alhamdulillah, dari desa ada mendatangkan satu lembaga Pelatihan P2PAUDNI dari jayagiri cikole, lembang. Lembaga ini nantinya akan konsern memberikan pelatihan wirausaha yang khususnya bergerak di dunia peternakan,” tutur Nana Hidayat.

Dalam kordinasi tersebut, poknak ini memang tidak bantu secara dana, namun mereka akan siapakn pembinaan, pendampingan serta mentor yang berkompeten dibidangnya. Nana menambahkan, sementara yang dilatih wirausaha poknan warga saluyu terlebihdahulu, selebihnya nanti akan menyusul sambil melihat perkembangan yang pertama terlebih dahulu.

”Pelatihan wirausaha, yang inshaAllah setelah lebaran. Semnatara ini baru warga saluyu dulu, nanti keempat lain kalo melihat keberhasilan awalnya,” tambah Nana.

Harapan peternak, dengan adanya pelatihan ini akan melatihb dari sisi pemasaran misalnya membuka langkah-langkah memasarkan ternak hingga bisa buka seperti rumah akikah. Atau nanti dengan adanya pelatihan ini Nanti diajarkan pula manajemen penglolaan kotoran.

“ Walau buka uang tapi akan diberikan skill, ini juga penting buat kami,” kata Asep salah satu peternak yang hadir.

Dadang selaku wakil ketua P2PAUDNI, merasa kerjasama dengan MTN inilah yang ia cari dengan tim nya, karena memiliki tujuan yang sama dengan mtn yaitu saling mengisi.

“MTN punya kelompok yang real dan mereka punya mentor jadi ketemu kerjasama ini,” tambah Nana lagi.
Dengan pelatihan ini, Nana sebagai pendamping tentu sangat terantu karena selain menambah pengetahuan kelompok ternak binaannya yang ia rasa dalam bab materi wirausaha masih perlu banyak yang dikembangkan.***

Newsroom/Hartini
Subang

Tags :
Konfirmasi Donasi