[:ID]PENJUALAN AYAM JOPER UNTUK BELI KAMBING MEMBERI PENGHASILAN YANG LEBIH BAIK[:]

[:ID]

TEGAL – Fasilitator Desa Berdaya Harjasari, Kecamatan Suradadi, Tegal menyambangi kandang ayam joper penerima manfaat yang dirubah menjadi kandang kambing berukuran 3×4 meter persegi pada hari Rabu (18/12).

Sutarno, salah satu penerima manfaat ternak ayam joper ini membuat langkah yang menurut Fasilitator Desa Berdaya sangat baik dengan membeli kambing dari penjualan ayam joper.

Pengalaman 2 kali panen setelah ternak joper tidak membuahkan hasil maksimal karena biaya untuk pakan ayam terlalu mahal walau sebenarnya ternak jopernya berhasil karena bisa mencapai bobot yang diinginkan.

Maka dari itu, hasil penjualan panen ayam joper yang kedua kalinya dibelikan 1 ekor kambing yang sedang hamil, alasan beliau karena kambing lebih mudah dan murah untuk pakan dan pemeliharaannya. Selang 2 bulan kemudian setelah pembelian kambing, Alhamdulillah kambing itu melahirkan 2 ekor anak yang sehat bersih.

Harapannya kambing ini akan terus beranak pinak, beliau merasa beternak kambing adalah pilihan yang tepat baginya, karena beliau diminta tetangga untuk memelihara kambing dengan sistem bagi hasil, dan hasilnya sangat baik.

“Semoga ternak kambing ini menjadi tali silaturahmi dengan tetangga, warga desa dan Allah SWT.” Ujar Fasilitator Desa Berdaya Harjasari.

Newsroom

Nurul Ulfa / Hanaa Afifah[:]

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia