PERSIAPAN MENUJU DIKSAR “BERLATIH UNTUK BERAKSI”

RZ LDKO CilegonSOLO. Pada hari Minggu (06/12) bertempat di Kampus 2 UMS Solo, Relawan RZ Solo melaksanakan kegiatan pra-diksar dengan materi navigasi darat (navrat), survival, tali temali, solo bivak, dan ascending descending. Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama antara Relawan RZ Solo dengan HW UMS.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyongsong kegiatan diksar Relawan RZ Solo di bulan Desember.
Pada pra-diksar kali ini Calon Relawan RZ ini diperkenalkan dengan bagaimana tentang manajemen perjalanan di gunung dan survival, hal ini diperlukan untuk memembiasakan dan melatih skill calon relawan.

Kemudian peserta diajari tentang navigasi darat dengan diperkenalkan IMPK (ilmu Medan, Peta dan Kompas) untuk melatih peserta dalam menerapkan materi survival. Selanjutnya peserta diajari materi tali temali sederhana yang dapat diterapkan pada alat-alat sederhana misalkan tandu, solo bivak, dan lain-lain.

Calon relawan diajari untuk membuat solo bivak sebagai tempat untuk bertahan diri dari serangan binatang luar dan cuaca buruk hutan dan alam bebas. Setelah itu diakhir, calon relawan ditantang untuk praktek materi ascending dan descending dari ketinggian 30 meter dari tanah.

Semuanya hanya untuk kalimat sederhana dan membekas di dada, “Tetap Semangat Bahagiakan Ummat, Allahu Akbar”.***

Newsroom/Surianto
Solo

Tags :
Konfirmasi Donasi