PERUM PEGADAIAN LAUNCHING DI DESA BINAAN JAMBIDAN BANTUL

YOGYAKARTA. Rumah Zakat Cabang Yogyakarta mengadakan Launching Program Desa Binaan di Dusun Dhuku Desa Jambidan Kecamatan Banguntapan Bantul DIY, Jumat (18/3). Program ini merupakan donasi dari Perum Pegadaian melalui CSR-nya.

Mengabdi Untuk Negeri dan dicanangkan sebagai wilayah yang menjadi fokus pemberdayaan Rumah Zakat (Integrated Community Development) percontohan, dimana potesi lokal yang ada di wilayah tersebut menjadi landasan utama dalam pemberdayaan.

Acara yang dihadiri langsung oleh Direktur Pengembangan Usaha Perum Pegadaian, Wasis Djuhari dan CEO Rumah Zakat Rachmat Ari K, menjadi salah satu ajang silaturahim Pegadaian ke masyarakat melalui program CSR-nya. Direktur Perum Pegadaian ini, dalam keterangan pers-nya mengatakan bahwa kerjasama

Perum Pegadaian dengan Rumah Zakat sudah terjalin sejak tahun 2008. Beberapa unit waterwell (pengadaan sarana air bersih dan fasilitas MCK) dan donasi Beasiswa Ceria bagi 1000 Anak asuh telah dikerjasamakan dengan Rumah Zakat. Untuk tahun 2011, Perum Pegadaian kembali mempercayakan dana CSR-nya pada Rumah Zakat melalui program Empowering Center di Jambidan, Banguntapan Bantul.

Dalam penerapan programnya, Rumah Zakat terlebih dahulu melakukan survey dan asessment awal dalam menentukan lokasi yang akan difokuskan sebagai wilayah pemberdayaan. Survey tersebut meliputi potensi ekonomi lokal, sumber daya alam, serta SDM. Diharapkan dengan terlebih dahulu melakukan survey, program yang dugulirkan ke masyarakat lebih efektif dan memiliki keterikatan secara langsung dengan masyarakat.

Program yang digulirkan di Jambidan diantaranya pembangunan 1 unit Waterwell, Revitalisasi Posyandu Balita, Sentra Pertanian Organik, Revitalisasi PAUD, Beasiswa Ceria, Kelompok Usaha Kecil Mandiri (KUKMI) serta beberapa pelatihan dan pendampingan life skill bagi ibu-ibu dan pemuda. Acara launching dimeriahkan dengan penampilan anak-anak yang mendapatkan beasiswa dari Rumah Zakat dan Aksi Siaga Sehat bagi warga setempat. Tercatat lebih dari 120 pasien terlayani dalam kegiatan Aksi Siaga Sehat tersebut. Acara ini diliput beberapa media terdiri dari 2 media televisi, 3 media cetak, dan 1 radio. ***

Newsroom/Muhammad Zahron
Yogyakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi