PETANI BINAAN RUMAH ZAKAT PAK SYAMSUDDIN PANEN 820 KG CABAI

KEPENUHAN BARAT MULIA. Sabtu pagi (23/02) Fasilitator Desa Berdaya Kaprenuhan Barat, Basrul menyambangi kediaman Syamsudin, salah seorang penerima manfaat program Rumah Zakat budidaya cabai pada bulan Oktober 2018 lalu. Ternyata pak Syamsudin baru saja melakukan panen terakhir dari sejak panen perdana pada Awal Januari 2019 lalu.

Diakui pak Syamsudin kali ini masa panen sampai tidak produktif lagi hanya berlangsung 2 bulan, lebih cepat dari target sebelumnya. Menurut Pak Syamsudin hal ini karena kondisi cuaca yg kurang stabil sehingga usia panen hanya berlangsung 2 bulan.

Dari 2000 batang cabai yang yg ia tanam mampu menghasilkan 820 kg cabai siap jual. Namun ketika musim panen kali ini harga dipasaran kurang bersahabat, yakni rata rata Rp 9.000 perkilogram, jauh dari perkiraan awal yakni dikisaran Rp 15.000 perkilogram.

Namun dengan kondisi ini secara umum pak Syamsudin puas dengan hasil yang yang di peroleh, dan dalam waktu dekat akan segera mengolah lahan untuk varian budidaya semangka dan budidaya cabai tahap selanjutnya.

“Terimakasih kepada Rumah Zakat atas kerjasama ini, saya bisa lebih leluasa dalam berusaha karena sudah tersedia modal awal dari Rumah Zakat” ujar Pak Syamsuddin.

Newsroom
Nurul Ulfa/ Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi