PIPA AIR BERSIH DI MERBABU TERBAKAR, RELAWAN RZ TURUN LAKUKAN PERBAIKAN

RZ LDKO CilegonSEMARANG. Kebakaran yang melalap bagian barat Gunung Merbabu, tepatnya di kawasan Dukuh Bentrokan dan Dukuh Denokan, Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, yang juga berbatasan dengan Boyolali beberapa waktu yang lalu berhasil dipadamkan.

Kebakaran ini mengakibatkan sebagian besar hutan hangus terbakar. Selain itu, Pipa untuk mengaliran air bersih dari sumber mata air yang terdapat di gunung merbabu menuju perkamungan warga yang tinggal dilereng gunung juga turut terbakar. Terbakarnya pipa ini mengakibatkan warga kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

Menanggapi hal tersebut, Jumat (28/08) Relawan RZ Semarang bersinergi dengan rekan-rekan relawan serta penggiat alam/pendaki gunung dari berbagai komunitas serta warga dan anggota Karang Taruna berangkat menuju Gunung Merbabu lewat jalur pendakian cuntel dalam rangka aksi pipanisasi. Kondisi medan yang berdebu tebal dan panas menyengat tidak menyurutkan semangat para relawan untuk memasang pipa. Dalam aksi ini, Relawan RZ semarang menyalurkan 50 batang pipa.

“Setelah dua hari berjibaku memasang pipa, Alhamdulillah malam itu (Sabtu, 28/08) aliran air dari puncak Gunung Merbabu bisa dirasakan kembali oleh warga pasca kejadian kebakaran yang hebat yang mengakibatkan pipa-pipa saluran air bersih bagi warga hangus terbakar,” ujar Salah satu relawan.

Malam itu juga Kadus dan warga serta karang taruna menggelar syukuran atas air yang telah mengalir.
“Terimakasih Nak, Mbak, Mas Relawan, air sudah bisa ngalir sekarang semoga Allah SWT memberi balasan yang lebih dan diberikan barokah, syafaat serta hidayah Nya kepada kalian semua” Do’a dari para penduduk sesaat setelah relawan turun dan masuk kembali ke desa.***

Newsroom/Surianto
Semarang

Tags :
Konfirmasi Donasi