PMI DAN CSF AJARKAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA SISWA SD JUARA CILEGON

RZ LDKO CilegonCILEGON. Siswa-siswi SD Juara Cilegon belajar mengenai cara memberikan pertolongan pertama kepada teman atau orang lain yang mengalami luka. Kegiatan ini dilakukan bersama kakak PMI Kota Cilegon bersama dengan Kakak CSF RZ pada hari Rabu (16/12).

Disini kakak PMI memberikan penjelasn terlebih dahulu, untuk mengajak siswa mengenal bagian-bagian anggota tubuh, seperti bagian kepala, anggota tubuh tangan bagian bawah mulai dari siku sampai pergelangan tangan, anggota tubuh kaki bagian bawah yaitu mulai dari lutut sampai pergelangan kaki. Selain itu kakak PMI juga mengajak siswa untuk mengenal alat-alat pengobatan, seperti alkohol, obat merah, perban, stetoskop, dan lain sebagainya.

Kemudian kakak PMI memberikan jenis-jenis luka, mulai dari luka sayatan, luka sobek, luka bakar, dan lain-lainnya. Kakak PMI juga memberi tahu langkah-langkah yang harus dilakukan ketika akan memberikan pertolongan pertama pada korban. Setelah memberikan penjelasan, kakak PMI mengajak siswa-siswi SD Juara Cilegon untuk praktek cara memberikan pertolongan kepada teman yang terluka. Disini kakak PMI meminta siswa untuk berpasangan-pasangan.

Setelah itu setiap pasangan diberikan alat-alat pengobatan seperti kasa (perban steril), dan hansaplast. Disini ceritanya siswa akan menolong temannya yang terluka karena jatuh. Yang pertama harus dilakukan adalah membersihkan luka agar tidak ada kuman yang menempel disekitar luka, setelah itu memberikan obat merah pada lukanya. Setelah itu harus ditutup dengan kain kasa (perban sterill) yang direkatkan dengan menggunakan hansaplast.

Ketika semua siswa sudah praktek secara berpasangan, kini kakak PMI menyimpulkan atau mengulas kembali apa yang tadi sudah disampaikan. Kemudian kakak PMI dan kakak-kakak CSF memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa. Siswa yang bisa menjawab akan mendapatkan hadiah.

“Kegiatan ini memang perlu diberikan kepada siswa. Agar ketika mereka sedang bermain dengan temannya, dan tiba-tiba ada temannya yang terluka, mereka dapat memberikan pertolongan pertama kepada temannya tersebut. Semoga nanti anak-anak dapat mempraktekkannya dalam kehidupan mereka sehari-hari,” ungkap Susanto selaku Kepala Sekolah SD Juara Cilegon.***

Newsroom/Susanto
Cilegon

Tags :
Konfirmasi Donasi