PRAMUKA, SISWA SD JUARA CILEGON BELAJAR SEMAPHORE DAN PERMAINAN ULAR NAGA

RZ LDKO CilegonCILEGON. Sabtu (14/11), anak-anak SD Juara Cilegon sudah siap dan bersemangat untuk mengikuti ekskul pramuka. Ekskul pramuka hari ini anak-anak akan diperkenalkan mengenai Semaphore. Sebelumnya guru menjelaskan dengan cara menceritakan kepada anak-anak mengenai awal mula Semaphore.

“Semaphore merupakan bahasa isyarat dengan bendera, yang digunakan pada saat perang. Kenapa harus menggunakan bahasa isyarat? Ya, karena kalau tidak pakai bahasa isyarat nanti para penjajah akan mengetahui apa yang kita rencanakan, dan dimana keberadaan kita. Oleh karena itu, pada saat perang dulu, banyak orang-orang yang menggunakan bahasa isyarat diantaranya menggunakan bendera yang disebut dengan semaphore,” jelas Mirnawati saat menjelaskan dan menceritakan kepada anak-anak.

Bunda Mirna mengajak anak-anak untuk mempelajari Semaphore mulai dari huruf A sampai huruf G. Setelah siswa mempelajari semaphore, bunda Mirna meminta siswa satu per satu untuk mempraktekkan dari setiap kata yang diminta oleh bunda Mirna. Seusai materi mengenai semaphore, anak-anak diajak ke lapangan untuk bermain ular naga panjang.

Dalam permainan ini, siswa laki-laki dan perempuan dipisah. Lalu yang putra dan putri dibagi lagi masing-masing menjadi 3 kelompok. Disini siswa diminta untuk membuat ular naga terpanjang, yaitu bisa dengan menggunakan benda-benda disekitar, dan menggunakan badan siswa. Setiap kelompok ada yang menggunakan sepatu, ada yang menggunakan tas, tempat minum, bahkan ada yang menggunakan dasi pramuka mereka.

“Permainan ini untuk melatih kreativitas siswa, bagaimana caranya supaya mereka bisa membuat ular yang panjang dengan menggunakan benda-benda disekitar,” ungkap Mirnawati usai kegiatan pramuka.***

Newsroom/Susanto
Cilegon

Tags :
Konfirmasi Donasi