PROGRAM WAKAF PRODUKTIF HADIRKAN KEBERMANFAATAN BAGI WARGA DI DESA BERDAYA

Wakaf Produktif Pabrik Penyulingan Minyak Cengkeh yang berlokasi di Desa Berdaya Beha menjadi sumber pendapatan baru untuk meningkatkan kesejahteraannya masyarakat.

KEPULAUAN SANGIHE, RUMAH ZAKAT – Program Desa Berdaya memiliki beragam agenda yang sangat dirasakan manfaatnya oleh warga binaan Rumah Zakat. Pembinaan keislaman melalui majelis taklim dan program pemberdayaan ekonomi Wakaf Produktif merupakan program utama dari beragam program utama dan pelengkap yang diinisiasi oleh Rumah Zakat melalui relawannya.

Sebagai bagian dari program pembinaan dan pemberdayaan, Program Wakaf Produktif diisi dengan agenda pengadaan sarana Pabrik Penyulingan Minyak Atsiri Cengkih yang memanfaatkan limbah perkebunan cengkeh berupa daun dan gagang cengkeh yang selama ini belum menghasilkan nilai ekonomis yang berarti bagi warga masyarakat.

Dengan adanya Wakaf Produktif Pabrik Penyulingan Minyak Cengkeh ini masyarakat jadi memiliki sumber pendapatan baru untuk meningkatkan kesejahteraannya. Oktober ini pabrik menargetkan 10 ton sampai dengan 20 ton bahan baku bisa disuling untuk mendapatkan minyak cengkeh.

Tidak kurang dari 100 Penerima Manfaat merasakan manfaat dari hadirnya Wakaf Produktif Pabrik Penyulingan Minyak Cengkeh di Desa Berdaya Beha, Kecamatan Tabukan Utara, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara.

Bahkan tidak jarang juga ada beberapa lembaga yang melakukan studi banding untuk penanganan limbah perkebunan yang dimiliki wilayahnya. Hal ini tentu saja sangat menggembirakan karena keberadaan Program Desa Berdaya Rumah Zakat di Desa Berdaya Beha secara tidak langsung mendapatkan pengakuan dari pihak luar akan kemanfaatan dan keberhasilannya dalam membina dan memberdayakan warga.

Newsroom

Usman Dsau/Amri Rusdiana

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia