Senyum Lestari

Air bersih, Sanitasi, dan sampah merupakan isu lingkungan yang mendunia dihadapi oleh setiap Negara termasuk Indonesia. Secara garis besar Indonesia telah mencapai angka 84 % untuk orang dengan akses ke sumber air yang baik namun penyebarannya tidak seragam, akses di daerah pedesaan lebih rendah dibandingkan dengan daerah perkotaan termasuk orang-orang miskin juga mempunyai akses air bersih yang rendah, selain itu Unicef juga memerkirakan bahwa 1.000 anak di bawah lima tahun meninggal setiap hari karena penyakit diare terkait dengan kurangnya air bersih dan sanitasi serta kebersihan yang kurang memadai.

Melalui program Senyum Lestari yang merupakan program yang terfokus pada permasalahn lingkungan, RZ berkomitmen untuk memperbaiki kualiitas Lingkungan dan Mengurangi  permasalahan sosial yang berkaitan dengan lingkungan terutama Air, sanitasi dan Kebersihan, RZ bekerja di ratusan wilayah binaan (ICD) untuk meningkatkan akses akan kebutuhan air bersih, fasilitas sanitasi dan kebersihan dengan menggulirkan beberapa program sebagai berikut:

 

SHARING HAPPINESS, RZ BANTU WUJUDKAN FASILITAS SANITASI UNTUK PAK PURWANTOPOS KEMANDIRIAN SANITASI

Mengubah perilaku hidup sehat melalui pemberdayaan kesehatan yang melibatkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaannya. Melalui pendampingan care community sanitasi, edukasi sanitasi, penyediaan akses air bersih dan Jamban diharapakan pos kemandirian sanitasi dapat menjadi solusi dalam permasalahan akan kurangnya sanitasi yang baik di wilayah masyarakat kurang mampu dan memberikan kesempatan untuk setiap keluarga mempunyai sanitasi yang baik secara mandiri yang berbasis masyarakat.

 

Donasi program : Rp.370.000

 

 


WATER & SANITATION FOR ALL

Water WellAir adalah sumber kehidupan, namun ketika air tidak aman dan sanitasi buruk, air dapat berubah menjadi sumber penyakit. Melalui program water well dan Berbagi air bagi kehidupan  RZ memberikan akses sarana air bersih dan sanitasi publik di wilayah binaan.

  • Water well

Program pengadaan sarana air bersih dan sanitasi publik di wilayah ICD (integrated community Development) sebagai penunjang implementasi perilaku hidup bersih di tempat tinggal warga.

Donasi Program : Rp. 90.000.000 / Water well

  • Berbagi Air Kehidupan

Program layanan pendistribusian air bersih bagi masyarakat didaerah bencana atau wilayah rawan kekeringan

Donasi Program :

  • Retail : Rp. 3000
  • Full : 1.320.000

 

Bank SampahBANK SAMPAH

Merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat berbasis pengelolaan sampah di lingkungan tempat tinggal masyarakat.  Melalui kegiatan bank Sampah RZ bekerja untuk mengedukasi masyarakat mengenai pengelolaan sampah, memfasilitasi masyarakat dalam mendirikan bank sampah serta mendirikan tempat pengolahan sampah, melalui program ini diharapan menjadi solusi dalam menangulangi masalah sampah di lingkungan sekaligus dapat memberdayakan masyarakat.

Donasi Program: Rp.  120,000,000

Konfirmasi Donasi