Superqurban

PROTEIN HEWANI: KEBUTUHAN MENDESAK SAAT INI

Protein hewani merupakan salah satu komponen keragaman pangan yang dibutuhkan manusia untuk keseimbangan gizi. Ketersediaan gizi yang baik akan mempengaruhi kecerdasan, kesehatan, dan produktivitas suatu bangsa.

Namun tingkat konsumsi daging di Indonesia saat ini masih rendah, yakni 11,6 kilogram per kapita per tahun. Sementara angka ideal konsumsi daging sebanyak 34,19 kilogram per kapita per tahun.

APA ITU SUPERQURBAN

Superqurban (n.) Optimalisasi daging qurban yang diolah menjadi cadangan pangan dari protein hewani bagi masyarakat di Indonesia dan Dunia.

Superqurban menjadi salah satu produk inovasi Rumah Zakat dalam program optimalisasi pelaksanaan Ibadah Qurban dengan mengolah dan mengemas daging Qurban menjadi Kornet dan Rendang. Produk Superqurban mampu menjawab permasalahan pendistribusian daging Qurban sampai ke daerah-daerah pelosok dan terdepan di Nusantara.

Kornet yang tahan hingga 3 tahun dan rendang Qurban yang tahan 2 tahun, dapat didistribusikan sepanjang tahun, dan efektif untuk pembinaan gizi dan Aqidah. Sehingga Rumah Zakat banyak meraih penghargaan dari program Superqurban sebagai produk inovasi optimalisasi daging hewan Qurban.

Superqurban sebagai produk kaya manfaat ini telah dirasakan oleh saudara-saudara kita di wilayah Indonesia Timur, seperti Pulau Tello, Pulau Kayuwadi, Pulau Alor, Pulau Rote, Pulau Sabu, Pulau Sumba, Pulau Komodo, Pulau Buton, Pulau Obi dan Pulau Raja Ampat yang disebarkan melalui program Ekspedisi Bhakti Kesra Nusantara bersama Kementrian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kemenko Kesra) pada Juni 2013 dan 2014 lalu.

Selain itu  pada tahun 2016 dalam ekpedisi Bhakti PMK, Rumah Zakat juga mendistribusikan 30.000 kornet Superqurban di Pulau Bajo, Pulau Wetar, Pulau Matakus, dan Pulau Kaimana. Inilah kali ke enam Rumah Zakat diberi kepercayaan oleh kementrian Pengembangan Manusia dan Kebudayaan untuk berpartisipasi dalam Ekpedisi Bhakti PMK.

Selain 4 pulau tersebut, Rumah Zakat juga mendistribusikan kornet Superqurban dalam kegiatan siaga pangan dalam program Ekpedisi Superqurban yang menjangkau daerah terpencil dan daerah rawan kekeringan yaitu Mrico, Kampung Lebak, Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan Jawa Tengah.

Masih ditahun yang sama Rumah Zakat bersama Tentara dan Kopassus berhasil mendistribusikan 8000 Superqurban di 8 wilayah dalam Ekpedisi NKRI Papua Barat 2016. Pada tahun 2017, kebermanfaatan Superqurban kian terasa dari tahun ke tahun. Kenikmatannya semakin terasa pada saat penerima manfaat merasakan langsung manfaat nutrisi yang terkandung dalam kornet Superqurban, salah satunya adalah Wulan, anak Desa Sukomoyo, Kelurahan Jatimulyo, Kulonprogo yang sempat mengalami kekurangan gizi, namun Alhamdulillah berkat bantuan kornet Superqurban yang diberikan kini berat badan Wulan sudah stabil.

Tak hanya itu, Di tahun 2019 Superqurban hadir dan menjadi bahan pangan bagi penyitas gempa di Palu, Lombok, Donggala, warga terdampak bencana tsunami di Selat sunda, banjir di konawe, banjarmasin hingga bandar lampung pun menerima manfaat dari superqurban ini.  Superqurban adalah solusi yang tepat yang bisa bermanfaat menjadi cadangan pangan disaat darurat. Superqurban ini telah melengkapi kurangnya cadangan makanan di daerah bencana.

Kenapa Harus Superqurban?

Superqurban Sebagai Energi Berkelanjutan

Momen Idul Adha menjadi saat yang tepat bagi umat muslim untuk menyediakan sumber protein hewani, sehingga dapat dimanfaatkan lebih lama dan berkelanjutan. Melalui Superqurban, daging qurban dapat dioptimalkan menjadi cadangan makanan sebagai ikhtiar terwujudnya ketahanan pangan Indonesia dan dunia.

Sesuai Syariah

Salamah bin Al-Akwa berkata: Nabi SAW bersabda, ”Siapa yang menyembelih qurban maka jangan ada sisanya sesudah tiga hari di rumahnya walaupun sedikit.” Tahun berikutnya orang-orang bertanya: “Ya Rasulullah apa kami harus berbuat seperti tahun lalu?” Nabi SAW menjawab, ”Makanlah dan berikan kepada orang-orang dan simpanlah sisanya. Sebenarnya, tahun lalu banyak orang yang menderita kekurangan akibat paceklik, maka aku ingin kalian membantu mereka” [HR Bukhari No.569, Muslim No.1974].

Praktis

Qurban Anda dapat didistribusikan ke seluruh wilayah di Indonesia hingga dunia, untuk memenuhi kebutuhan pangan protein hewani masyarakat yang membutuhkanPenyaluran Sepanjang Tahun Kami optimalisasikan daging Qurban Anda sehingga dapat menjadi cadangan pangan untuk disalurkan sepanjang tahun, baik itu ke wilayah terpencil, rawan pangan, hingga daerah terdampak bencana.

Penyaluran Sepanjang Tahun
Kami optimalisasikan daging Qurban Anda sehingga dapat menjadi cadangan pangan untuk disalurkan sepanjang tahun, baik itu ke wilayah terpencil, rawan pangan, hingga daerah terdampak bencana

Harga Partisipasi Superqurban

Kambing : Rp2.475.000

Kornet ±30 kaleng

Rendang ±25 kaleng

 

Sapi : Rp17.250.000

Kornet ±350 kaleng

Rendang ±250 kaleng

 

Sapi Retail : Rp2.675.000

Kornet ±50 kaleng

Rendang ±35 kaleng

 

Salamah bin Al-Akwa berkata: Nabi SAW bersabda, ”Siapa yang menyembelih qurban maka jangan ada sisanya sesudah tiga hari di rumahnya walaupun sedikit.” Tahun berikutnya orang-orang bertanya: “Ya Rasulullah apa kami harus berbuat seperti tahun lalu?” Nabi SAW menjawab, ”Makanlah dan berikan kepada orang-orang dan simpanlah sisanya. Sebenarnya, tahun lalu banyak orang yang menderita kekurangan akibat paceklik, maka aku ingin kalian membantu mereka” [HR Bukhari No.569, Muslim No.1974].

Konfirmasi Donasi