[:ID]PROGRES EVALUASI UKM DESA BERDAYA KEBON DALEM SEKALIGUS PELAJARI BISNIS MANAJEMEN [:]

[:ID]CILEGON – Rumah Zakat Cilegon menggelar pembinaan wirausaha kepada para member binaan Rumah Zakat di Wilayah Desa Berdaya Kebon Dalem, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon pada Jumat (27/12). Sebanyak 16 member binaan ikut berpartisipasi dalam kegiatan edukasi kali ini.

Kegiatan kali ini dilaksanakan oleh fasilitator selain pemberian materi edukasi juga dilaksnankan Evaluasi penilaian keaktifan para member binaan Rumah Zakat selama tahun 2019 untuk menumbuhkan motivasi usaha dan peran serta keaktifan para member.

Dalam edukasi wirausaha ini langsung dipandu oleh fasilitator yang memberikan materi mengenai manajemen pencatatan keuangan bisnis. Banyak dari member binaan yang sering mencampur adukkan modal usaha dengan biaya kebutuhan sehari-hari sehingga perlu diberikan materi ini secara berkala untuk mendapatkan hasil dan keuntungan yang jelas.

“Dalam menjalankan sebuah usaha hal yang penting bagi seseorang pelaku usaha tentunya laba atau keuntungan. Untuk mengatur keuangan dalam suatu usaha maka diperlukan suatu catatan pembukuan dan arus kas serta keluar masuknya uang.” ujar Humaedi selaku Fasilitator Desa Berdaya.

Tidak hanya itu, usai kegiatan pemberian materi edukasi, para Member binaan pun ikut berdiskusi bersama mengenai keaktifannya dalam menjalankan usaha, hadir dalam kegiatan edukasi dan aktif dalam komunikasi koordinasi sehingga ada reward khusus dari fasilitator untuk 3 member yang aktif dalam hal tersebut. ketiga member tersebut adalah Husni yang mempunyai usaha gelembung sakti yaitu balon sabun, Pitnawati usaha sebagi penjual ketupak sayur padang dan Retna yang mempunyai usaha Gado gado.

“Saya sangat senang dengan kegitan kali ini, ada banyak ilmu yang saya dapatkan baik dari teori manajemen pencatatan keuangan bisnis dan termotivasi juga untuk lebih aktif dalam kememberan . Saya berharap kegiatan seperti ini terus berlanjut agar saya dan ibu-ibu lain juga menjadi pengusaha yang sukses,” ujar Husni, salah satu member binaan.

Newsroom

Toip M / Hanaa Afifah[:]

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia