PUNCAK EKSPEDISI DESTANA TSUNAMI PULAU JAWA

ANYER, Rabu (14/8). Ekspedisi Destana Tsunami akhirnya memasuki puncak acara sekaligus segmen akhir. Penutupan dan penyelenggaraan acara puncak dipercepat menjadi tanggal 14 dan 15 Agustus 2019 yang berlokasi di Hotel Marbella, Pantai Anyer, Kab. Serang, Banten dan Merak, Kota Cilegon.

Sebelumnya penutupan direncankan akan diadakan pada tanggal 18 Agustus dan namun setelah beberapa pertimbangan acara diputuskan untuk berakhir lebih cepat.

Dalam acara puncak ini kegiatan dibarengi dengan peringatan Hari Pramuka Ke-58 tahun yang menghadirkan 1000 lebih siswa-siswi SD anggota pramuka untuk diberikan pengetahuan mengenai kesiapsiagaan menghadapi Bencana Tsunami. Tak hanya diberikan penyuluhan mengenai gempa dan tsunami, namun siswa-siswi ini juga diberikan pelatihan simulasi saat terjadinya tsunami.

Relawan Rumah Zakat Action asal Cilegon berjumlah 4 orang membantu dalam hal sosialisasi kepada anak-anak pramuka yang masih duduk dibangku sekolah dasar juga turut serta membatu evakuasi saat simulai terjadinya tsunami. Seperti mengarahkan peserta ke lokasi aman di dataran yang lebih tinggi dengan mengikuti rambu-rambu evakuasi.

Acara ini dihadiri langsung oleh Kepala BNPB Doni Monardo, Kepala BMKG Ibu Dwikorita Karnawati, dan ketua IABI Ibu Dr. Harkunti Pratiwi Rahayu.

Pada pidato penutup, Kepala BNPB menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas peran relawan yang telah berpartisipasi dalam penanggulangan bencana serta meningkatkan kesiapsiagaan.

Newsroom

Abdullah Tsabit | Hanaa Afifah

Tags :
Konfirmasi Donasi