RAMADHAN BERKAH, RUMAH ZAKAT SALURKAN BANTUAN RAMADHAN BEBAS HUTANG

Melalui program Kebahagiaan Ramadhan, Tokopedia dan Rumah Zakat menyalurkan bantuan berupa sembako, THR dan pelunasan hutang kepada fakir miskin dan dhuafa di berbagai daerah di Indonesia. (Foto: Rumah Zakat)

COT BUKET, RUMAH ZAKAT – Tokopedia dan Rumah Zakat dalam program berbagi kebahagiaan Ramadhan menyalurkan bantuan berupa sembako, THR bahkan pelunasan hutang keluarga kaum dhuafa dan fakir miskin di berbagai desa di Indonesia. Salah satu penerima manfaat adalah warga desa berdaya Cot Buket yang merupakan desa binaan Rumah Zakat.

Hampir tidak bisa berkata-kata, rasa haru menyelimuti ke relung jiwa. Air mata pun mulai menitik satu demi satu. Begitulah yang dialami ibu Erna Bt Supardi seorang warga pendatang di desa Cot Buket pada Kamis, (21/5). Siapa yang tidak bahagia kini hutang-hutangnya lunas sudah. Relawan Inspirasi (fasilitator desa berdaya Cot Buket) menjemput dan mengajak beliau menjumpai orang-orang tempat beliau berhutang.

Perjalanan menuju ke tempat beliau berhutang cukup jarak yaitu sekitar 5 km. Sampai ditempat tujuan, Relawan inspirasi pun menanyakan jumlah hutang kebutuhan pokok ibu Erna di toko Aiman, Matangglumpangdua dan melunasinya seketika. Beranjak dari situ, Relawan Inspirasi dan Ibu Erna pergi ketempat lain lagi yaitu ke toko kelontong Ibu Yusniar dan yang terakhir kerumah Ibu Rusma untuk melunasi semua hutangnya. Ibu Erna pun menangis dan bersyukur sekali.

Ibu Erna adalah seorang penjual kecil-kecilan di kantin sekolah SDN 17 Peusangan. Sejak pandemi Covid 19 hidupnya bersama suami yang hanya kuli bangunan dan 3 (tiga) anak perempuannya jadi tidak menentu. Hutang pun mulai ada dan semakin menumpuk untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari mereka.

“Saya tidak bisa mencari nafkah lagi, saya tidak bisa tidur nyenyak karena hutang saya banyak,” tangisnya di depan Relawan Inspirasi.

“Saya berterimakasih sekali, bersyukur sedalam-dalamnya. Allah mendengar doa-doa saya. Saya tidak menyangka ada yang berbaik hati melunasi hutang-hutang saya. Terimakasih Rumah Zakat,” ucapnya¬† sambil menyeka air mata.

Kini seluruh hutang kebutuhan pokok ibu Erna sebanyak 2.000.000 pun terlunasi sudah. Ibu Yusniar, salah seorang yang memberi pinjaman untuk beliau pun ikut terharu.

“Saya senang uang saya sudah kembali dan senang juga karena ibu Erna sudah tidak punya hutang lagi dengan saya.” Ucap ibu Yusniar pemilik toko kelontong tempat ibu Erna berhutang.

Alhamdulillah, pada akhirnya kita semua memuji Allah atas indahnya nikmat yang diberikan kepada hamba-nya. Terimakasih kepada Rumah Zakat dan para donatur sehingga berbagai bentuk kebaikan di bulan mulia ini bisa berjalan dengan lancar.

Newsroom

Lailatul Istikhomah/Amri Rusdiana

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia