RAMADHAN JUARA DIISI PEMERIKSAAN TUMBUH KEMBANG SISWA

SURABAYA. Kegiatan Ramadhan di Sekolah Dasar Juara, Medokan Semampir Selatan terasa berbeda. Selain edukasi diberikan dengan improvisasi juga ditambah dengan layanan kesehatan yang jarang dilaksanakan di sekolah lainnya. Selama dua hari, Selasa – Rabu (16-17/8), siswa SD Juara mengikuti kegiatan Pondok Ramadhan bertemakan Ramadhan Juara 1432 H. Hari Selasa (16/8) pagi, kegiatan diisi dengan materi keagamaan yang dimasukkan melalui berbagai games, bahkan juga pertunjukan boneka atau puppet show yang dilakonkan oleh guru SD Juara. Siangnya, siswa mendapatkan pemeriksaan kesehatan oleh tim medis Rumah Zakat. Berlokasi di Masjid Al  Ikhlas yang berada di dekat sekolah, puluhan siswa diperiksa tumbuh kembangnya.

Tak hanya siswa, warga, takmir dan peserta TPA Masjid Al Ikhlas juga mendapatkan pemeriksaan kesehatan secara cuma-cuma dalam kegiatan Siaga Sehat ini. Menurut dr Pipit Paramita, salah satu dokter yang ikut dalam aksi ini, kebanyakan siswa mengeluhkan batuk pilek ringan. Ini bisa dimaklumi karena pola makan saat puasa terutama berbuka biasanya kurang terkontrol. “Karena anak-anak biasanya mengikuti menu orang dewasa di rumah maka sebaiknya orang tua memberikan pilihan makanan yang sehat.

Agar mereka tetap bersemangat berpuasa butuh daya tahan tubuh yang cukup sehingga kami di sini memberikan asupan vitamin untuk siswa,” tambah dokter berjilbab ini. Kegiatan diteruskan dengan nonton film Islami bersama di SD Juara sementara di Masjid Al Iklhas dilangsungkan Kajian Akbar Ramadhan Juara 1432 H bersama warga sekitar. Rencananya, siswa kelas 3 ke atas juga akan mengikuti Mabit (Malam bina iman dan takwa). ***

Newsroom/Farah Dwi Hasnitha
Surabaya

Tags :
Konfirmasi Donasi