RAMADHAN MULIA, RUMAH ZAKAT BAHAGIAKAN KELUARGA

(Foto: Rumah Zakat)

KARANGANYAR, Rumah Zakat – Sabtu (16/5) Fasilitator Rumah Zakat Desa Berdaya mengunjungi rumah Suparmi untuk memberikan program Ramadhan Bebas Hutang (RBH) dari Rumah Zakat. RBH merupakan salah satu program Kebahagiaan Ramadhan yang diinisiasi oleh Rumah Zakat.

Suparmi merupakan janda sekaligus tulang punggung keluarga karena sudah ditinggal suaminya. Beliau mempunyai tanggungan anak dan dua orang cucu serta ibunya yang sudah tua serta sakit-sakitan. Selain itu, Suparmi juga mengalami kesulitan ekonomi karena terlilit hutang konsumtif untuk memenuhi kebutuhan harian, sehingga seringkali hasil usaha batiknya yang tidak seberapa besarnya terpakai untuk konsumtif harian, beban sosial dan biaya pengobatan keluarganya.

Oleh karena itu, Rumah Zakat melalui program Ramadhan Bebas Hutang tahun ini memberikan kebahagiaan kepada penerima manfaat setidaknya dari 8 asnaf penerima zakat salah satunya adalah Al Gharim yaitu orang terbebani hidupnya dengan hutang.

Suparmi adalah salah satu penerima manfaat dari program RBH tersebut. Beliau pun tak mampu menahan tangis bahagianya ketika akad pelunasan hutang itu selesai ditunaikan.

“Mas pokoke terima kasih banyak karena telah banyak dibantu Rumah Zakat, ngrepotke njenengan terus. Semoga Allah membalas kebaikan bapak dan ibu yang menyumbang dan Rumah Zakat,” ujar ibu Suparmi, sambil mengusap air mata yang berlinang didampingi anaknya.

Perasaan bahagia juga dirasakan Tri selaku pemberi hutang, karena setelah lama tidak ada kabar kapan akan dilunasi hutang ibu Suparmi, tiba-tiba hari ini semua terlunasi melalui fasilitasi Rumah Zakat.

“Matur nuwun mas Ihwan dari Rumah Zakat, saya ikut berbahagia karena bantuan panjenengan hutang ibu suparmi lunas, semoga Rumah Zakat semakin sukses dan dapat membantu yang lainnya lagi,” tutur Tri.

Belum selesai sampai disini, perjalanan Suparmi dan relawan masih berlanjut ke rumah Sri Hananingsih di Dukuh Kutukan Wetan Desa Ngadiluwih, dimana Suparmi juga mempunyai hutang yang sudah lama belum bisa melunasi.

“Ikut bahagia mas, ibu Suparmi akhirnya bisa melunasi hutangnya. Terima kasih banyak ya mas semoga Rumah Zakat semakin berkembang dan bisa membantu banyak orang lagi,” ucap Sri.

Newsroom

Dani Suhardi/Amri Rusdiana

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia