Relawan Rumah Zakat bersama warga sedang membuat gudang sampah sebagai persiapan menaruh sampah.

TEGAL – Desa Berdaya Kebandingan, merupakan salah satu desa yg menjadi target pemberdayaan yang dilakukan oleh Rumah Zakat melalui Relawannya Abdul Azis Alghifari.

Kegiatan pemberdayaan yang sudah berjalan meliputi pendirian Rumah Literasi, Taman Baca, Gerak Subuh Berjamah, dan beberapa kegiatan lainnya.

Melihat semangat dari warga dan terutama anak-anak binaan Rumah Literasinya, Azis Relawan Rumah Zakat mencoba membuat kegiatan baru yang bertema lingkungan yaitu dengan mendirikan Bank Sampah. Dimana tujuan dari bank sampah adalah menumbuhkan sikap peduli warga terhadap lingkungan yang kemudian bisa bernilai ekonomi.

Persiapan demi persiapan telah Azis buat, seperti membuat desain buku tabungan, sistem pembukuan dan yang terbaru adalah pembuatan gudang sementara Bank Sampah. Gudang ini sangat dibutuhkan diawal pendirian krn fungsi gudang adalah untuk menaruh sampah terutama sampah kertas agar terhindar dair hujan.

Minggu (11/4) pembuatan gudang sampah sementara dibuat, yaitu dengan memanfaatkan lontrong samping rumah literasi. Dengan mengecor bagian lantai sampai memberi lampu penerangan agar gudang lebih terang.

Pembuatan gudang ini juga sebagai persiapan launching bank sampah desa berdaya Kebandingan yang di beri nama Bank Sampah Melingkar. Harapanya bulan ini Bank Sampah Melingkar sudah bisa beroperasi.

Newsroom

Neni Nuraeni/Amri Rusdiana