RELAWAN RZ ANGKAT #INDONESIAMENDONGENG SEBAGAI LIBURAN EDUKATIF

RZ LDKO CilegonSUKABUMI. 25 Desember 2015 Relawan RZ Sukabumi menyelenggarakan “Indonesia Mendongeng 3” bekerja sama dengan Komunitas Baca LLC dan Perpustakaan UMMI (Universitas Muhammadiyah Sukabumi). “Indonesia Mendongeng 3” yang dilaksanakan serempak di 14 kota besar di Indonesia. Lokasi kegiatan tersebut, yakni Medan, Manado, Makassar, Cirebon, Banjarmasin, Bogor, Depok, Cimahi, Solo, Bandung, Lampung, Sukabumi, Pontianak, dan Indramayu.

Para peserta “Indonesia Mendongeng 3” merupakan gabungan dari beberapa SD, MI, dan TPA di Kota Sukabumi. Acara ini dilaksanakan di Auditorium UMMI dari pukul 07:00 hingga 11:30 WIB. Diawali dengan registrasi peserta dan pembimbing. Sambil menunggu acara dimulai, para peserta dan pembimbing diajak untuk mengabadikan moment di stand photobooth “Indonesia Mendongeng 3” yang telah disiapkan. Acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dan sambutan-sambutan.

Sambutan terakhir disampaikan oleh Ibu Hj. Esih Setiasih Muraz selaku Ketua PKK Kota Sukabumi yang merupakan istri dari Walikota Sukabumi, yang sekaligus membuka acara “Indonesia Mendongeng 3”.
Lalu acara dilanjutkan dengan pemutaran video Siaga Bencana yang menarik perhatian peserta. Game edukatif menambah keseruan acara “Indonesia Mendongeng 3”. Dimulai dari permainan tradisional khas Jawa Barat yaitu Oray-orayan yang diikuti beberapa panitia dan peserta yang sangat antusias. Game edukatif Permaianan Ular Tangga yang diselipi pertanyaan-pertanyaan untuk mengasah pengetahuan islami dan pengetahuan umum para peserta.

Dongeng Islami yang disampaikan oleh Teh Susanti Agustina, S.Sos., M.Kom,. dengan cara yang unik sehingga mampu membuat para peserta menikmati dongeng yang disajikan. Doorprize yang disediakan oleh panitia diberikan kepada para peserta yang aktif, berani menjawab pertanyaan dan juga pemenang dari permainan Ular Tangga. Beberapa pembimbing pun mendapatkan doorprise berupa buku edukatif.

“Alhamdulillaah, acara Indonesia Mendongeng 3 berjalan lancar meski tak luput dari beberapa kendala yang alhamdulillah bisa terlewati. Bahagia melihat wajah para peserta yang bersemangat ikut acara ini. Saya ucapkan banyak terima kasih kepada para panitia yang sudah mengorbankan waktu, tenaga dan pikirannya untuk acara ini.” ungap Ketua Pelaksana Indonesia Mendongeng 3, Dede Sumiati.

“Acara Indonesia Mendongeng 3 ini perdana dilaksanakan di Kota Sukabumi. Ini tahun pertama Sukabumi mengadakan, alhamdulillah banyak yang merespon positif acara ini. Meskipun dilaksanakan di hari libur, namun tak menyusutkan semangat para peserta yang datang untuk menikmati waktu liburan edukatif di acara Indonesia Mendongeng 3. Semoga tujuan dari Indonesia Mendongeng 3 untuk membentuk karakter anak yang peduli, tangguh dan berakhlak mulia bisa tercapai. Kami berharap acara ini dapat memberikan dampak positif, baik bagi orang tua maupun guru pembimbing untuk menghidupkan kembali tradisi mendongeng pada anak. Sehingga tercapai cita-cita bersama untuk mencerdaskan anak bangsa dengan sentuhan nilai-nilai islami.” tutur Kinang Darmaga Harahap selaku Koordinator Relawan Rumah Zakat Sukabumi.

Acara ini berakhir pukul 11:30 dengan pembagian doorprize dan juga pengumpulan dana infaq untuk TPA Pedalaman. Sore harinya, Relawan RZ Sukabumi mengadakan aksi pengumpulan dana infaq untuk TPA Pedalaman seraya berbagi snack untuk masyarakat sekitar. Berbagi Keceriaan Berbagi Kebahagiaan.***

Newsroom/Nurmansyah
Sukabumi

Tags :
Konfirmasi Donasi