RELAWAN RZ LATIHAN SIAGA BANJIR DI KALIMALANG

RZ LDKO CilegonBEKASI. BPBD ( Badan Penanggulangan Bencana Daerah ) Kota Bekasi memberikan perbekalan mengenai siaga banjir kepada 35 Relawan RZ. Hal tersebut dilatarbelakangi karena menguasai air tidak hanya butuh mental, tetapi juga butuh pengetahuan bagaimana kita bertindak di dalam air.

Ketua Koordinator Satuan Relasi Cepat BPBD, Ahmad Dumiyati mengatakan, terdapat 71 titik banjir di Bekasi, sedangkan BPBD hanya memiliki tim sebanyak 60 orang, maka perbekalan mengenai Siaga Banjir ini harus didapat oleh Relawan RZ yang menjadi partner untuk BPBD Kota Bekasi dalam penanganan Banjir.

Kegiatan pada pengarahan tersebut meliputi pengenalan terhadap air, cara berenang yang tepat, cara mendayung serta simulasi penyelamatan korban yang berada di air dipandung langsung oleh BPBD Kota Bekasi.

“Kegiatan latihan bersama sangat baik untuk dilakukan karena tidak semua orang memiliki jiwa relawan karena bencana tidak pernah dapat dipesan maka siaga kita adalah yang dipertaruhkan. Oleh karena itu, setiap Relawan berkewajiban mendapat perbekalan untuk dapat terjun membantu masyarakat yang membutuhkan. Jika kita saling mengenal antara BPBD dan Relawan Rumah Zakat kita dapat berbagi tugas sesuai dengan potensi yang kita miliki untuk membantu di lapangan, untuk yang tidak mahir di air dapat membantu evakuasi korban di darat, jika yang sudah mahir dapat membantu di SAR,” tukas Ahmad.

Ia berharap ke depannya komunikasi dan koordinasi BPBD dengan Relawan RZ semakin baik dan Relawan Rumah Zakat dapat mengirimkan minimal 2 regu untuk bergabung dengan kami di setiap latihan.***

Sumber : http://gobekasi.pojoksatu.id/2015/12/13/relawan-rumah-zakat-latihan-siaga-banjir-di-kalimalang/

Tags :
Konfirmasi Donasi