RELAWAN RZ PADAMKAN SISA BARA API DI HUTAN RIMBO

RZ LDKO CilegonPEKANBARU. Relawan RZ turut serta dalam memadamkan sisa-sisa bara api yang membakar Hutan Rimbo Panjang, Kampar, Riau.

Tim yang terdiri dari BPBD, Damkar, TNI, Kepolisian, serta Masyarakat mengalami kesulitan dalam memadamkan api, Lahan yang terbakar merupakan lahan gambut dengan kadar tanah hanya sekitar 30% saja. Api tidak hanya membakar permukaan saja, dikedalaman tanah lebih dari 1 meterpun masih ditemukan bara api.

“Inilah yang menyebabkan sulitnya memadamkan api ini” Jelas Roma, salah seorang relawan RZ. “Disaat memadamkan api, jika masih ada bara api sebesar biji jagung yang tertinggal, dia akan membesar kembali” tambahnya lagi.

Herlan, Koordinator Relawan RZ pusat menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bersinergi dalam memadamkan api. Jangan saling menyalahkan. Tuntaskan dulu permasalahannya agar kabut asap bisa hilang, setelah tuntas baru usut penyebabnya kebakarannya. Jika melanggar hukum, tegakkan hukum tersebut, jangan biarkan para pelaku bebas berkeliaran.

Kebakaran tidak hanya membakar hutan, perkebunan warga turut terbakar. Salah satu titik api yang membakar perkebunan warga terdapat diJalan teladan Kecamatan Rimbo Panjang, Kampar.

“Sebenarnya, beberapa lahan yang ada di jalan Teladan sudah di padamkan api nya oleh TNI sekitar seminggu yang lalu.

Namun, disebabkan cuaca yang kurang mendukung dan tidak adanya hujan di daerah sekitar, menyebabkan tanah yang apinya telah dipadamkan kembali terbakar” tutur salah seorang warga. Hingga sore, tim masih berada dilokasi untuk memadamkan api. “Pantang Pulang sebelum padam” Pungkas Herlan.***

Newsroom/Fajri Sabti
Pekanbaru

Tags :
Konfirmasi Donasi