RELAWAN RZ SALURKAN BANTUAN UNTUK PENDERITA ISPA DI PALANGKARAYA

RZ LDKO CilegonPALANGKARAYA. Asap tebal yang menutupi sebagian besar Pulau Sumatera dan Kalimantan berdampak luas pada kehidupan manusia. Mulai dari ekonomi, kesehatan serta transportasi. Dari pantauan Relawan RZ dilokasi, hari ini (12/10) Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) di Pekanbaru menunjukan kondisi udara sudah mulai membaik dari level BERBAHAYA menuju level TIDAK SEHAT.

Kondisi asap di Palembang, Jambi, Pontianak, Balikpapan, dan Samarinda juga sudah mulai menipis. Sementara kondisi asap di Banjarmasin khususnya Pelangkaraya setelah pada hari Minggu (11/10) kemarin kabut asap menipis hari ini kembali menebal. Penderita infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) masih terus bermunculuan.

Dari peta sebaran titik panas yang dirilis BMKG, sebaran titik panas banyak terdapat di Palembang, Sumatera Selatan. Saat ini berbagai bantuan dari luar negeri sedang berupaya untuk memadamkan titik-titik api tersebut.

Sebagai upaya penanggulanga ISPA, pada hari Sabtu (09/10) Relawan RZ Banjarmasin berangkat ke Pelangkaraya untuk menyalurkan bantuan berupa Masker N95, Oksigen dan Vitamin.

“Setelah enam jam perjalanan dengan melewati beberapa titik api dan tebalnya kabut asap, akhirnya kami tiba juga di Pelangkaranya,”tutur Munajatunisa, koordinator Relawan RZ Banjarmasin. Penyaluran Masker N95, Oksigen dan Vitamin dilakukan didareah-areah yang belum terjamah.

Ketua RT.2 RW 02 Kel. Marang Kec. Bukit Batu Kota Palangkaraya mengucapkan ribuan terimakasih kepada RZ atas bantuan yang telah diberikan. Semenjak kabut asap ini, kami belum pernah mendapatkan bantuan. Tentunya ini sangat bermanfaat bagi kami.

“Kehadiran kami disini tentunya sangat disambut baik oleh warga, selain membagikan masker, vitamin dan oksigen. Kami juga memberikan penyuluhan kepada warga” Tambahnya lagi.***

Newsroom/Surianto
Palangkaraya

Tags :
Konfirmasi Donasi