RELAWAN RZ SIAGA DI BENCANA LONGSOR BANJARNEGARA

BANJARNEGARA. (01/0RELAWAN RZ SIAGA DI DARURAT BENCANA LONGSOR BANJARNEGARA4) Berdasarkan SK Bupati Banjarnegara No 360/366 Tahun 2016 tentang Penetapan Status Tanggap Darurat Penanganan Bencana Tanah Longsor Angin Kencang dan Banjir di Kabupaten Banjarnegara, ditetapkan 14 hari sejak 26/03 – 8/04 2016.
Kondisi longsor sejak kemarin Kamis, 31/3/2016, secara visual tidak ada gerakan tanah yang signifikan, terpantau jarak longsor diperkirakan 2 – 3 km dari ujung atas sampaibawah. Mencapai luas lebih kurang 8 ha material longsor.

Adapun personil Relawan RZ yang turun hari Jumat (01/04) ini terdiri dari 8 orang relawan. Mereka turun bersama BPBD Banjarnegara, Kodim 0704, Polres, DKK, Dinsosnakertrans, Satpol PP, Basarnas, Perhutani, Perangkat desa, PP, MTA, PMI bna, Tagana, Banser, ACT, MDMC, PKS, PKPU, Relindo, Barisan Patriot Bela Negara Banjarnegara, Rapi, KPG, Bagana, Pcnu, FKPAB, SAR kab bna dan SAR kab. Wonosobo.

Disamping itu, beberapa agenda yang ditetapkan dr Rakor unt hari ini Jumat (01/04) adalah :
1) Apel pagi semua relawan/organisasi
2) Perbaikan saluran irigasi
3) Melakukan pengukuran wilayah longsor
3) Pemindahan logistik ke gedung sekolah
4) Pembuatan MCK darurat kembali
5) Pemasangan papan informasi di setiap titik lokasi pengungsi
6) Pemeriksaan rutin medis
7) Pembuatan jalan ke lokasi pengungsian
8) Penambahan kasur untuk pengungsi
9) Pengeringan kolam ikan warga
10) Pengukuran jalan alternatif untuk dipersiapkan pengerasan jalan
11) Pembuatan saluran air bersih
12) Pembuatan pembuangan sampah
13) Persiapan kunjungan Ibu Menteri Sosial ke lokasi pengungsian dan memberikan bantuan.

Jumlah terdampak longsor tertanggal (31/03) Kamis kemarin terdiri dari 85 kk atau 296 jiwa Pengungsi yang terdiri dari : 4 orang ibu hamil, 8 orang bayi dibawah 1 tahun, 8 orang batita, 4 orang balita, 31 orang lansia, 161 orang laki0laki, 135 orang perempuan. Selain itu terdata beberapa dampak kerusakan rumah : 20 unit rumah rusak berat, 2 unit rumah rusak sedang, 4 unit rumah rusak ringan, dan 33 unit rumah terancam.

“Beberapa kebutuhan mendesak yang kami butuhkan disini adalah tali tambang untuk membantu kelengkapan jalan alternatif di wily hutan pinus, masker dan kaos tangan latexs, kantong sampah, pendamping psikologis pengungsi dewasa, penanganan sampah, tenaga DU (dapur Umum). Semoga bisa segera terpenuhi,” papar Irma, koordinator relawan RZ Semarang.

“Sampai hari ini respon RZ diantaranya : mengelola sampah di lokasi pengungsian bekerja sama dengan BPBD dan pihak terkait, mencari dan menentukan titik-titik pengumpulan sampah, support DU, berkoordinasi dengan BPBD terkait kebutuhan kantong sampah dan mendapat support kelengkapan kantong sampah, berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk pemenuhan pendampingan psikologi dan bidan, berkoordinasi dengan PMI untuk pengadaan masker dan sarung tangan lateks, berkoordinasi dengan Relindo untuk membantu perbaikan jalan alternatif, dan erkoordinasi dengan Tagana dan PMI dalam pendistribusian logistik DU dan ploting sdm support DU,” jelasnya lagi.

Newsroom/Andri
Banjarnegara

Tags :
Konfirmasi Donasi