REPORT SUPERQURBAN : 3500 KAMBING DAN 1300 SAPI MULAI DISEMBELIH

RZ LDKO CilegonPROBOLINGGO. Kemarin (24/09), tim Superqurban RZ memulai proses penyembelihan hewan qurban. Sebanyak 3500 ekor kambing dan 1300 ekor sapi telah siap untuk disembelih dalam gelaran Superqurban 1436 H.

“Karena hewan yang disembelih banyak, kami melakukan penyembelihan selama 4 hari, terhitung sejak hari raya Idul Adha hingga hari tasyrik ke 3 yaitu 27 September 2015.” Ungkap Edi Susilo, Kepala Tim Lapangan RZ.

Proses penyembelihan hewan qurban, pengulitan, deboning hingga daging qurban memasuki proses pembekuan untuk kemudian dikirim ke pabrik untuk proses menjadi kornet ini melibatkan 613 orang, yang terdiri dari 338 orang untuk kambing dan 275 orang untuk sapi. Semua petugas dalam proses Superqurban adalah penduduk lokal sekitar peternakan.

“Setiap tahun RZ selalu melibatkan masyarakat lokal dalam proses Superqurban, termasuk dalam proses perawatan hewan qurban. Ini merupakan bagian dari value Superqurban, yaitu pemberdayaan masyarakat.” Jelas Widyani Rochmatin, Ketua Superqurban 1436 H.

Warga yang akan menjadi petugas dalam proses Superqurban diwajibkan mengikuti pelatihan yang diselenggarakan sepekan sebelum Idul Adha. Hal ini untuk memastikan bahwa semua petugas mengerjakan tugasnya dalam penyembelihan dengan benar dan sesuai syariat.

“Saat pelatihan, warga diajari cara menyembelih hewan qurban sesuai syariat, cara menguliti dan deboning hewan efektif, hingga pembagian tugas dan kelompok.” Ujar Edi.***

Newsroom/Ria Arianti
Probolinggo

Tags :
Konfirmasi Donasi