RUMAH BELAJAR AJARKAN SISWA MEMBUAT PUPUK DAN PESTISIDA ALAMI

Relawan Rumah Zakat di Rumah Belajar Cahaya mengajak anak-anak peserta bimbel untuk membuat pupuk dan pestisida alami.

PURWOREJO, RUMAH ZAKAT – Meski cuaca mendung, hal tersebut tidak menyurutkan semangat para peserta kegiatan bimbel di Rumah Belajar Cahaya yang berlokasi di Desa Rasukan, Kecamtan Ngombol, Purworejo. Didampingi oleh Eny Nuryanti selaku Relawan Rumah Zakat, anak-anak tetap semangat mengikuti bimbel yang dilaksanakan pada Sabtu (31/10).

Kali ini, relawan menjelaskan cara membuat pupuk dan pestisida alami sederhana dan mudah dengan memanfaatkan beberapa sampah organik yang ada di rumah. Tidak hanya itu saja, beberapa pertemuan sebelumnya peserta sudah belajar menanam sayuran yang sudah mulai tumbuh sehingga memerlukan asupan nutrisi tanaman dan pembasmi hama.

“Kalau di rumah ada kulit brambang dan bawang sebaiknya jangan dibuang tapi dikumpulkan terlebih dahulu sampai banyak kemudian dibuat pupuk alami. Hanya dengan menambahkan air kemudian disimpan diwadah tertutup minimal 9 jam lamanya. Cara penggunaanya dengan disiramkan langsung ditanaman. Jika disemprotkan pada daunya bisa sebagai pestisida alami,” jelas Eny.

Newsroom

Anantiyo Widodo/Amri Rusdiana

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia