RUMAH ZAKAT AJAK LANSIA TEBAR 1000 EKOR BIBIT LELE DI KEBUN GIZI

Selain tebar bibit lele, Rumah Zakat ajak lansia panen kangkung dan ikan hasil budidaya. (Foto: Rumah Zakat)

GUNUNGKIDUL, RUMAH ZAKAT – Rumah Zakat melalui Progam Jaga Simbah Dari Wabah terus mengembangkan unit kegiatan Kebun Gizi di Pos Lansia Husnul Khotimah Dusun Jetis Kulon, Kelurahan Pacarejo.

Ratno selaku Relawan Rumah Zakat mengajak perwakilan lansia anggota Pos Lansia Husnul Khotimah untuk menebar seribu ekor bibit lele di kolam plastik yang telah disiapkan satu pekan sebelumnya.

Pembuatan kolam plastik untuk budidaya lele di kebun gizi ini dipandang perlu untuk terus menopang kebutuhan gizi lansia termasuk untuk menambah pilihan aktivitas lansia saat berkunjung ke Pos Lansia Husnul Khotimah.

Selain menabur bibit lele di kolam plastik, para lansia juga diajak memanen kangkung untuk yang ketiga kali dan panen lele yang kedua kali di 15 ember hasil dari BUDIKDANBER atau Budidaya Ikan Dalam Ember.

(Foto; Rumah Zakat)

Tidak ketinggalan, kangkung yang di polibag dan gelas plastik juga ikut dipanen. Semua hasil panen hari ini dibagikan ke 33 lansia anggota Pos Lansia Husnul Khotimah, Jum’at (17/7).

“Terima kasih Rumah Zakat,seneng bisa ikut nebar bibit lele di kolam baru kebun gizi,seneng juga bisa bawa pulang kangkung lagi,” kata Jumakir, salah satu lansia anggota Pos Lansia Husnul Khotimah.

Ratno menjelaskan bahwa ke depan, Kebun Gizi-Rumah Zakat ini akan terus dikembangkan. selain menerapkan BUDIKDAMBER dan kolam plastik, juga sedang membudidayakan aneka tanaman sayuran di polibag dan gelas plastik mulai dari tomat, timun, kacang panjang, dan sawi atau caisim.

Beberapa hewan juga mulai diternak seperti mentok dan burung perkutut. Harapannya, kebun gizi ini semakin bermanfaat dan menarik untuk lansia dan juga untuk masyarakat lebih luas semisal menjadi kebun edukasi.

Newsroom

Rifai Yusup/Amri Rusdiana

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia