RUMAH ZAKAT BANGUN 8 UNIT WATERWELL

YOGYAKARTA. Memperingati Hari Air Sedunia 2011 Selasa (22/3), Rumah Zakat Cabang Yogyakarta meresmikan dua titik Waterwell di Dusun Gondang Pusung Wukirsari Cangkringan Sleman Yogyakarta.

Waterwell merupakan salah satu program untuk membantu tersedianya fasilitas air bersih bagi warga di wilayah rawan kekeringan. Selain di Dusun Gondang Pusung sepanjang Desember 2010 hingga Maret 2011, Rumah Zakat telah membangun 6 Unit Waterwell di 4 lokasi berbeda seperti Girikerto, Wukirsari, Boyong, dan Jambidan.

Didik Agus Manajer Program Pemberdayaan Ekonomi dan Kepemudaan mengatakan, dipilihnya lokasi Girikerto untuk memfasilitasi ketersediaan air bersih warga Lereng Merapi yang terkena program relokasi tempat tinggalnya. Di relokasi tersebut, 50 KK  bisa memanfaatkan fasilitas Waterwell.

Dari 8 Unit Waterwell, memang diarahkkan untuk wilayah sekitar Lereng Merapi. Hal ini disebabkan setelah melalui tahap survey dan pemetaan wilayah, beberapa titik sumber air tidak lagi berfungsi karena tertutup material vulkanik Merapi. Beberapa mitra yang terlibat dalam program ini diantaranya Muslim Aid Australia, PT. Lintas Arta, dan Perum Pegadaian. ***

Newsroom/Muhammad Zahron
Yogyakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi