Relawan Rumah Zakat Desa Berdaya Garanta, kecamatan Ujung Loe, kabupaten Bulukumba kembali melaksanakan Posyandu lansia (Ramah Lansia), Kamis (15/7).

BULUKUMBA – Relawan Rumah Zakat Desa Berdaya Garanta, kecamatan Ujung Loe, kabupaten Bulukumba kembali melaksanakan Posyandu lansia (Ramah Lansia), Kamis (15/7). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Padange Dusun Tanru Tedong bersama pemegang Program Usila Puskesmas Ujung Loe, perawat Desa serta bidan desa.

Dalam kegiatan kali ini dilakukan Penyuluhan Health education oleh koordinator Bidan Desa Garanta, Jumriati. Dalam pemaparannya, Bidan jum menyampaikan agar lansia tetap menjaga protokol kesehatan mengingat di Desa Garanta sedang zona merah.

Selain itu Lansia dan pra Lansia dianjurkan untuk mematuhi 5 M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas,), dan ikut serta dalam program vaksinasi serentak di desa tanggal 27 Juli 2021 mendatang.

Selanjutnya dilaksanakan pemeriksaan kesehatan mulai dari Tekanan darah, Pengecekan Metabolik, pengukuran tinggi badan, Berat Badan Serta pemberian Obat pda lansia sesuai dengan keluhannya.

Dari hasil pemeriksaan lansia ditemukan beberapa lansia yang Hipertensi, Asam Urat serta Colestrolnya tinggi. Sehingga harus diberikan obat penurun tekanan darah, AU, CLs.

Dalam kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan di desa berdaya Garanta dengan mematuhi protokol kesehatan serta menjaga jarak.

Hadirnya kegiatan Ramah Lansia (Posyandu Lansia) Rumah Zakat sejak 2019 sampai sekarang dibantu support dari UPZ Permata Bank Syariah tahun ini menjadi kebahagiaan tersendiri untuk lansia karena setiap bulannya bisa merasakan pemeriksaaan gratis dari Rumah Zakat.

Jumlah lansia yang hadir hari ini sebanyak 23 orang dari 50 lansia dan pra Lansia. Kegiatan ini berlansung pukul 15.30-17.25 wita.

“Alhamdulillah Terima kasih pada Rumah Zakat dan  upz permata bank syariah telah hadir di desa garanta telah membahagiakan lansia,” ucap Bidan Jum.

Newsroom

Danyza/Amri Rusdiana