Relawan Rumah Zakat Desa Berdaya Garanta, Kabupaten Bulukumba, kembali melaksanakan Posyandu Lansia (Ramah Lansia).

BULUKUMBA – Relawan Rumah Zakat Desa Berdaya Garanta, Kabupaten Bulukumba, kembali melaksanakan Posyandu Lansia (Ramah Lansia) di Padange Dusun Tanru Tedong bersama Bidan Desa serta pemegang Program Kesehatan Olahraga Puskesmas Ujung Loe.

Dalam kegiatan yang dilakasnaakan pada Sabtu (21/8) ini, dilakukan Penyuluhan Hipertensi oleh koordinator Bidan Desa Garanta, Jumriati. Dalam pemaparannya Bidan Jum menyampaikan tentang apa itu hipertensi (tekanan darah tinggi), klasifikasi tekanan darah tinggi, tanda dan gejala serta akibat lanjut dari tekanan darah tinggi.

Mengingat para lansia dan Pra lansia di desa berdaya rata-rata berada di posisi stadium 1 menurut JNC ( Joint National Commite). Selain itu, lansia diharapkan tetap menjaga protokol kesehatan mengingat di Desa Garanta sedang zona merah. Bidan Jum juga menyampaikan akan melakukan penyuluhan hipertensi kembali bulan depan sebelum pemeriksaan kesehatan berhubung hanya 10 orang lansia yang hadir penyuluhan hari ini.

Setelah penyuluhan, dilaksanakan Senam rutin lansia yang diikuti lansia, pra lansia serta warga mewakili umur 24 – 70 tahun. Meskipun cuaca sebelumnya tidak bersahabat karena hujan tak mengurangi semangat lansia untuk berolahraga karena lansia sudah merasakan manfaatnya selama program olahraga ini berlasung.

Hadirnya kegiatan Ramah Lansia (Posyandu Lansia) Rumah Zakat sejak 2019 sampai sekarang ditambah support dari UPZ Permata Bank Syariah tahun ini menjadi kebahagiaan tersendiri untuk lansia

Adapun jumlah lansia yang hadir sebanyak 10 orang dari lansia dan pra Lansia.

Newsroom

Obendhano/Amri Rusdiana