RUMAH ZAKAT DAMPINGI PENGEMBANGAN UKM “KLETUK”

Rumah Zakat  mengembangkan usaha Mak Bad sebagai bentuk perhatian terhadap pelaku UMKM.

WONOSOBO, RUMAH ZAKAT – Sebagai salah satu program utama dalam bidang ekonomi, Rumah Zakat berkomitmen untuk ikut membimbing perkembangan UKM di Desa Krasak. Salah satunya kepada penerima manfaat program ekonomi Rumah Zakat yakni Badriyah atau biasa disapa mak Bad.

Mak bad merupakan janda yang saat ini memiliki tanggungan seorang anak yang baru memasuki jenjang SMA. Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan sekolah anaknya, Mak Bad biasa berjualan bubur dan gorengan di rumahnya.

Selain berjualan bubur dan gorengan, Mak Bad memiliki usaha lain yang cukup potensial yaitu cemilan khas Wonosobo terutama di Desa Krasak yaitu Kletuk. Kletuk merupakan produk olahan dari bahan dasar singkong yang dijadikan tepung kemudian diolah sampai pada penggorengan potongan-potongan kecilnya.

Namun dalam perkembangannya, Mak Bad masih banyak memerlukan bantuan terutama dalam hal manajemen produknya karena saat ini produknya belum dijual pada skala yang lebih luas.

Dengan berbagai masalah yang dihadapi, Rumah Zakat mencoba membantu mengembangkan usaha Mak Bad dengan harapan Mak Bad dapat mengembangkan usahanya menjadi lebih baik dan bisa menjadi sumber penghasilan yang dapat diandalkan untuk melakukan ikhtiar menghidupi keluarganya.

Karena itulah, Relawan Rumah Zakat pada Selasa (06/10) melakukan pendampingan kepada Mak Bad untuk membantu meningkatkan usaha yang dijalaninya, salah satunya dengan melakukan pendapatan omzet.

Newsroom

Anantiyo Widodo/Amri RUsdiana

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia