Rumah Zakat siap lakukan penanaman mangrove dan wujudkan Desa Pesisir Tangguh Bencana berbasis ekonomi dan wisata.

PACITAN – Pelaksanaan Konservasi Mangrove di Desa Kembang, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan tepatnya di Pantai Pancer Wetan telah melalui beberapa tahapan mulai dari koordinasi dengan Pemerintah Desa, Pembentukan kelompok mangrove serta perencanaan program keberlanjutanya.

Setelah diaminkan oleh Pemdes setempat, langkah berikutnya adalah membentuk kelompok mangrove di Dusun Kiteran dengan jumlah anggota 25 orang serta memberi nama kelompok Jangkar Segoro Kidul dan dilegalkan Akta Notaris sampai Kemenkumham.

Setelah proses pemberian nama, langkah selanjutnya adalah melakukan penanaman mangrove yang akan dilaksanakan hari Senin 29 Maret 2021. Kegiatan itu akan melibatkan lebih dari 100 orang terdiri dari masyarakat hingga komunitas setelah sehari sebelumnya dilaksanakan diskusi konservasi Mangrove.

Sebelum memulai penanaman, terlebih dahulu dilakukan pemasangan plang besi sebagai penanda kawasan konservasi Mangrove. Hal itu dilakukan oleh kelompok yang sudah terbentuk melalui jalur air menggunakan armada perahu nelayan milik anggota kelompok, Sabtu (27/3).

Secara keseluruhan, ada lebih dari 14 ha lahan kosong milik Pemdes yang belum tertanami mangrove. Saat ini dari Rumah Zakat dan Pelanggan Tokopedia baru memberi bibit mangrove sejumlah 1.650 batang ditanam secara swadaya oleh masyarakat setempat.

Ke depan, selain sebagai tempat konservasi Mangrove Kawasan itu juga akan dilanjutkan dengan program pemberdayaan ekonomi dan wisata dengan tujuan utamanya adalah membentuk Desa Pesisir Tangguh Bencana berbasis ekonomi dan wisata.

“Kearifan lokal menjadi daya tarik tersendiri untuk dikembangkan melalaui program pemberdayaan masyarakat yang tempat, guna mewujudkan kesejahteraan warganya,” kata Indar Siswoyo Relawan Rumah Zakat.

“Terimakasih kami sampaikan kepada Rumah Zakat beserta Pelanggan Tokopedia yang telah membantu memulai untuk mewujudkan impian kami.” Ungkap Slamet, ketua kelompok mangrove.

Newsroom

Indar Siswoyo/Amri Rusdiana