RUMAH ZAKAT KIRIM 6 RELAWAN DAN SALURKAN BANTUAN UNTUK KORBAN LONGSOR SUMEDANG

Rumah Zakat masih melakukan pencarian terhadap puluhan warga yang dinyatakan hilang akibat bencana tersebut. Selain itu, Rumah Zakat pun sudah menyalurkan bantuan dan mendirikan layanan pos segar.

BANDUNG – Pasca bencana tanah longsor yang terjadi di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat pada Jum’at (8/1) malam dan longsor susulan pada Sabtu (9/1), Tim Rumah Zakat telah mengirimkan 6 relawan untuk melakukan aksi siaga bencana di lokasi tersebut.

Bencana yang menewaskan 13 orang itu dipicu oleh curah hujan yang tinggi serta kondisi tanah yang tidak stabil. Hingga saat ini, petugas SAR gabungan termasuk Rumah Zakat masih melakukan pencarian terhadap puluhan warga yang dinyatakan hilang akibat bencana tersebut. Material longsor yang cukup tebal membuat petugas mengalami kesulitan untuk mengevakuasi korban.

“Sejak hari pertama kami telah mengirimkan 6 relawan untuk melakukan Need Assesment, membuka layanan Pos Segar, mendistribusikan 100 paket minuman hangat dan 100 paket Superqurban, mensuport logistik serta menurunkan 1 unit Mobil Rescue” ujar Ilham, Koordinator Lapangan Aksi Ini.

Meski bantuan sudah diberikan, namun masih ada beberapa kebutuhan mendesak yang saat ini diperlukan khususnya oleh para korban bencana. Beberapa kebutuhan tersebut diantaranya alat berat, selimut, hygiene kits, obat-obatan serta makanan siap saji.

Untuk saat ini, para korban pun masih mengungsi di tempat yang sudah disediakan, Senin (11/1). “Kami masih terus siaga di lokasi bencana bersama petugas lainnya untuk melakukan proses evakuasi dan pencarian terhadap warga yang masih belum ditemukan.” Tambah Ilham.

Newsroom

Amri Rusdiana

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia