RUMAH ZAKAT SALURKAN RP 37,74 MILIAR

JAKARTA. Rumah Zakat telah menyalurkan dana Rp 37,74 miliar selama enam bulan pertama 2010 yang disalurkan melalui \”Gerakan Merangkai Senyum Indonesia\” dan didistribusikan melalui 45 jaringan kantor Rumah Zakat yang ada di 38 kota besar di Jawa, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, dan Papua.

CEO Rumah Zakat, Rachmat Ari Kusumanto mengatakan dana zakat, infaq, dan sedekah serta dana kemanusiaan lainnya disalurkan melalui program berbasis komunitas baik per kecamatan maupun kelurahan atau disebut integrated community development (ICD). \”Kami menargetkan jumlah keluarga mandiri akan terus bertambah dari 121 ICD yang telah terbentuk saat ini. Rumah Zakat memiliki target utama mewujudkan 1.500 Keluarga Mandiri,\” kata Rachmat dalam paparan pers \”Kinerja Rumah Zakat Semester I-2010\” di Jakarta, Rabu (30/6/2010).

Rumah Zakat dikenal sebagai sebuah lembaga penghimpun dana zakat, infaq, dan sedekah dari sekitar 505 perusahaan nasional dan daerah (berazet diatas Rp 500 juta) dan kemudian menyalurkan dana tersebut ke masyarakat dalam bentuk dana kemanusiaaan. Menurut Rachmat program yang dikembangkan Rumah Zakat cukup sederhana, populis namun bermanfaat di masyarakat. Misalnya program mobil jenazah, ambulans, armada kesehatan keluarga, khitanan massal, beasiswa, layanan kesehatan, dan sebagainya.

Adapun penerima gerakan Merangkai Senyum Indonesia ini mencapai 263.315 orang per enam bulan terakhir ini. Dikatakan dengan 18 bank lainnya, Rumah Zakat menyiapkan juga layanan elektronik channel terutama untuk pembayaran zakat atau infaq melalui ATM. Rumah Zakat juga mengembangkan layanan yang efisien seperti internet banking dan menargetkan 10 mitra baru dari lembaga keuangan perbankan dalam waktu dekat. (*)

sumber: http://m.tribunnews.com/index.php/2010/06/30/rumah-zakat-salurkan-rp-3774-miliar

Tags :
Konfirmasi Donasi