RUMAH ZAKAT SALURKAN RP 37,74 MILIAR

JAKARTA. Rumah Zakat melalui Gerakan Merangkai Senyum Indonesia telah menyalurkan dana sebesar Rp 37,74 miliar selama 6 bulan pertama di tahun 2010. Dana tersebut didistribusikan melalui 45 jaringan kantor Rumah Zakat yang ada di 38 kota besar Indonesia.

CEO Rumah Zakat Rachmat Ari Kusumanto mengatakan bahwa dana zakat, infaq, shadaqah, dan dana kemanusiaan tersebut disalurkan melalui program yang berbasis komunitas per kecamatan maupun kelurahan yang disebut Integrated Community Development (ICD).
\”Setiap ICD mengembangkan tiga program utama, yaitu Senyum Juara (pendidikan), Senyum Sehat (kesehatan), dan Senyum Mandiri (kesejahteraan ekonomi),\” jelasnya di Jakarta, Rabu (30/6).

Rachmat melanjutkan bahwa rincian penyaluran dana yang dilakukan pada Januari-Mei 2010 tersebut terdiri dari Senyum Juara sebesar Rp 11,73 miliar, Senyum Sehat sebesar Rp 9,88 miliar, Senyum Mandiri sebesar Rp 15,01 miliar, serta penyaluran nasional yang sifatnya penyaluran dana langsung non reguler sebesar Rp 1,12 miliar.

Dalam menjalankan program itu, Rumah Zakat bertujuan membangun keluarga mandiri, yakni keluarga yang memiliki kecukupan dalam bidang pendidikan, kesehatan, dan ekonomi. Maka Rumah Zaakat ingin meningkatkan jumlah keluarga mandiri dari 121 ICD yang telah terbentuk.

\”Rumah Zakat memiliki target utama untuk mewujudkan 1.500 keluarga mandiri,\” ujar Rachmat.

Menjelang berakhirnya semester 1 tahun 2010, jumlah penerima manfaat program Rumah Zakat mencapai 263.315 orang. \”Program yang dikembangkan Rumah Zakat cukup sederhana, populis namun terasa di masyarakat,\” kata Rachmat.

Ke depan, Rumah Zakat melalui Program Gerakan Merangkai Senyum Indonesia akan terus menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, khususnya yang berhubungan dengan penyaluran zakat, infaq, dan shadaqah. Rachmat mengharapkan perusahaan dan komunitas tetap mempercayai Rumah Zakat sebagai mitranya.

Tercatat sampai Mei 2010, Rumah Zakat memiliki mitra sebanyak 505 perusahaan nasional dan daerah yang beraset di atas Rp 500 juta. \”Rumah Zakat juga mendapat apresiasi dari PBB dalam program-programnya yang banyak mendukung Millenium Development Goals (MDGs),\” pungkas Rachmat. (*/OL-3)

Sumber : www.mediaindonesia.com/read/2010/06/30/152502/23/2/Rumah-Zakat-Salurkan-Rp-3774-Miliar

Tags :
Konfirmasi Donasi