RUMAH ZAKAT TERUS AJAK WARGA MANFAATKAN PEKARANGAN UNTUK KEBUN GIZI

Rumah Zakat terus mendorong warga untuk mengoptimalkan lahan pekarangan dengan menanam bibit.

LOMBOK TIMUR, RUMAH ZAKAT – Warga Desa Lepak Timur terus didorong untuk melakukan optimalisasi pemanfaatan pekaranganan. Hal tersebut dilakukan dengan mengajak, memberi contoh dan memberi bibit tanaman sayur dan tanaman bermanfaat lainnya untuk mencegah krisis pangan di tengah pandemi.

Sebagai bentuk penguatan, Hasanudin Basri selaku Relawan Rumah Zakat terus mendatangi rumah warga yang merupakan anggota kebun gizi Bersemi Bareng.

“Ahamdulillah dengan adanya program ini kami sadar bahwa memanfaatkan halaman rumah itu sangat besar manfaatnya selain memenuhi kebutuhan pangan uang dompet menjadi irit,” ucap M.rofi pemuda Desa Lepak Timur, Rabu (02/12).

“Bantuan yang diterima dari Rumah Zakat, yakni mulai dari media tanam, plastik polybag, pupuk serta benih sayuran mulai dari kangkung, cabai, bayam , seledri, bayam hijau, kacang panjang, tomat, ketimun, hingga terong,” tambahnya.

Hasanudin berharap adanya bantuan tersebut menjadi pemicu agar warga mampu memanfaatkan lahan pekarangan sebagai sumber pangan secara berkelanjutan untuk meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas, pemanfaatan, serta pendapatannya.

Selain untuk mencukupi kebutuhan pangan dan gizi keluarga, kata dia, menanam sayur sayuran di pekarangan juga bisa meningkatkan pendapatan rumah tangga, terlebih pada kondisi pandemi COVID-19.

Dengan adanya bantuan tersebut, diharapkan masyarakat juga tidak akan menciptakan kerumunan yang lebih besar di pasar tradisional karena kebutuhan sayur sayuran sudah bisa dipenuhi sendiri.

Newsroom

Ali/Amri Rusdiana

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia