RZ AJARI WARGA DESA BUKURAN MANFAATKAN ASAP SEBAGAI BAHAN PENGAWET

RZ LDKO CilegonSRAGEN. Asap merupakan satu hal yang tidak baik untuk kesehatan. Namun ternyata dibalik itu semua, asap menyimpan potensi yang luar biasa. Asap bisa dimanfaatkan menjadi bahan pengawet makanan yang sehat bagi masyarakat. Oleh karena itu, Rumah Zakat (RZ) melalui relawan inspirasi berupaya untuk memanfaatkan itu semua di Desa Bukuran, Kalijambe, kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Potensi asap di Bukuran memang banyak, karena pengusaha arang dari batok kelapa di sana juga banyak. Dan selama ini limbah asap dari pembakaran batok kelapa dibuang bebas, dan menyebabkan masyarakat tidak bisa bebas menghirup udara segar.

Berawal dari situ, RZ ingin mengalih fungsikan limbah asap tersebut menjadi asap cair, yang bsia dimanfaatkan sebagai bahan pengawet makanan. Pada hari Rabu (21/10), RZ melakukan sosialisasi kepada para pengusaha arang batok kelapa di Bukuran.

Acara tersebut diikuti oleh 8 orang, yang semuanya adalah pengusaha arang dari batok kelapa. Ini adalah langkah awal, sebagai pengenalan dan edukasi kepada pengusaha, agar lebih peduli terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat.

“Alhamdulillah dari semua pengusaha yang hadir, semuanya bersedia untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitar dengan cara memanfaatkan limbah asap menjadi bahan pengawet,” tutur Rico A Yuza selaku kordinator Relawan Inspirasi RZ.***

Newsroom/Diki Taufik
Sragen

Tags :
Konfirmasi Donasi