RZ BERDAYAKAN WARGA MELALUI KAMPUNG LUKIS

RZ LDKO CilegonSOLO. Dalam rangka meningkatkan perekonomian warga binaan ICD Sangkrah, RZ (Rumah Zakat) memberdayakan para warga melalui Kampung Lukis, tepatnya di Kelurahan Sangkrah, Kecamatan Pasarkliwon, Kota Solo. Program Kampung Lukis ini dibentuk sejak awal 2013.

Diawali dari Sudirman (48 Th) yang memulai kegiatan melukis di desanya. “Saya melukis sejak tahun 80-an. Awalnya belajar dari senior saya orang Lawean yang tinggal menetap disini. Hingga tahun 2015, hampir semua warga di desa ini baik lelaki maupun perempuan, mata pencahariannya dari melukis,” tutur Sudirman, Rabu (25/11).

Dalam sehari, Sudirman bersama 3 karyawannya bisa memproduksi 5-10 kodi untuk baju lukis. Orderannya sendiri banyak berasal dari Bali, Pasar Kelewer, dan daerah sekitar. “Untuk pakaian atau kaos biasa yang akan dilukis, satu bajunya seharga Rp.1000,-, tetapi berbeda untuk mukena, kerudung atau kain lukisan yang lebih bervariasi bentuknya. Untuk mukena atau kerudung, dihargai Rp 7.500,- per potong,” papar Sudirman.

Selain bantuan modal untuk usaha, RZ juga memberi bantuan seperti penyuluhan bisnis dan pembenahan atau renovasi MCK (Mandi Cuci Kakus) untuk warga Sangkrah. “Dulu, sebelum mendapat bantuan dari RZ, butuh berhari-hari untuk menyelesaikan satu pesanan karena terbatasnya alat dan bahan melukis. Tapi sejak mendapat bantuan dari RZ, satu hari saja bisa selesai,” ungkap Sudirman.

Setelah mendapat bantuan dari RZ, secara penghasilan pun meningkat. “Sebelum mendapat bantuan, sehari hanya mengantongi Rp.75.000 saja, sedangkan setelah mendapat bantuan bisa mencapai hingga Rp.100.000- Rp 150.000,-,” ujar Sudirman.***

Newsroom/Rena
Solo

Tags :
Konfirmasi Donasi