RZ BERSAMA WARGA KAMPUNG TARISI GOTONG ROYONG BANGUN JALAN

RZ LDKO CilegonTASIKMALAYA. Adalah kampung Tarisi, sebuah kampung kecil yang terletak di Perkebunan Karet milik swasta. kampung ini berada di wilayah desa Cipatujah dengan jumlah penduduk terdiri dari 130 KK. Pada umumnya, pekerjaan warga secara umum adalah sebagai buruh sadap karet di perkebunan milik bapak isma’il. Sebagian dari mereka ada yang berdagang, menjahit, bertani dan beternak.

Di kampung ini, pusat kegiatan keagamaan berada di RT 23, mulai dari masjid jami’, madrasah diniyyah hingga posyandu. Secara otomatis, kegiatan–kegiatan masyarakat pun berada di RT 23. Jarak dari RT 23 ke RT 24 tidak terlalu jauh, yaitu hanya 500 m. Namun, jika ditempuh dengan jalan melingkar jaaknya menjadi sangat jauh, yaitu sejauh 3 km.

Kendala yang muncul untuk memakai jalan pintas adalah beceknya jalan ketika musim hujan datang. Maka warga pun berinisiatif untuk melakukan pembangunan dan mengecor jalan pintas secara swadaya. Dari swadaya itu, masyarakat mampu mengecor 300 m dari seluruh panjang jalan 500 m.

Sudah satu tahun lebih, pembangunan jalan itu tidak berlanjut, sampai kemudian datang bantuan dari RZ. ”Semoga bantuan yang tidak seberapa ini dapat bermanfaat untuk warga kampung Tarisi,” kata Nanang Relawan Inspirasi Cipatujah, ketika memberikan bantuan.

Seminggu kemudian, warga pun bergotong royong mengangkut material untuk pengecoran. material diangkut menuju tempat pengecoran yang berjarak 300 m dari lokasi. tampak wajah–wajah semangat dan ceria dari wajah warga yang bergotong royong.

“Pada hari itu yang bergotong royong sebagian besar adalah ibu-ibu dan anak–anak. Mereka bekerja sama untuk mewujudkan keinginannya untuk memiliki jalan pintas yang memadai. Sementara, bapak – bapak bergotong royong pada hari Senin denan melakukan pengecoran jalan,” pungkas Nanang.***

Newsroom/Rico A Yuza
Tasikmalaya

Tags :
Konfirmasi Donasi