RZ GELAR PELATIHAN PAKAN SILASE UNTUK PETERNAK BINAN DI GARUT

RZ LDKO CilegonGARUT. Musim kemarau sudah di depan mata, biasanya masalah rutin yang dihadapi para peternak kecil adalah minimnya hijauan di lapangan. Hampir semua persediaan dilapangan, ditegalan dan dipinggiran sawah-sawah meranggas semua. Dan hal ini selalu berulang setiap tahun. Salah satu solusinya adalah dengan menyimpan hijauan saat stok hijauan pakan ternak dilapangan melimpah dengan cara Silase.

Bertempat di Di desa Cibalong, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut. Sebanyak 25 peternak binaan RZ bersama Yayan selaku relawan inspirasi, Asep Rohimat, SP dan Muh. Abdul Latif, SP yang didatangkan langsung dari DINASKANLA kecamatan Cibalong, Garut.

Dalam kesempatan tersebut, warga bersama pemateri tamu berkumpul untuk berdiskusi tentang cara membuat rumput Silase yang menjadi salah satu solusi atas masalah-masalah ternak yang muncul akibat kemarau panjang ini. Tujuannya tiada lain agar para peternak bisa memilihara ternaknya untuk senantiasa dalam kondisi sehat.

“Pelatihan ini tidak lebih mempersiapkan peternak agar bisa mengolah hasil rumputnya serta antisipasi pakan di musim kemarau seperti ini atau dikemudian hari,” ujar Yayan. (31/08).

Silase ini sangatlah bermanfaat sekali untuk hewan ternak dan sangat tepat ketika musim kemarau tiba seperti sekarang ini. Masyarakt desa sagara banyak yang menjadi peternak baik sapi, kambing, domba atau kerbau, sehingga dari hasil pelatihan ini mempunyai harapan besar mampu membantu mempertahankan bahkan meningkatkan ekonomi masyarakat agar Indonesia tersenyum.***

Newsroom/Rico A Yuza
Garut

Tags :
Konfirmasi Donasi