RZ GULIRKAN PROGRAM BANK SAMPAH DI ICD LINGKAR SELATAN

RZ LDKO CilegonBANDUNG. (09/07). Sebagai lembaga filanthrophy internasional, RZ memiliki tekad untuk menerapkan kebiasaan menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan dengan berbagai program, salah satunya yaitu dengan program Bank Sampah Kampung Berseri.

“Program Bank Sampah Kampung Berseri merupakan program pelestarian lingkungan berbasis pemberdayaan komunitas atau rumah tangga dengan aplikasi program pelatihan dan penyuluhan pengelolaan sampah berbasis masyarakat,” tutur ani Suhardi selaku ICD Fasilitator Lingkar Selatan.

Dani menambahkan, bahwa program ini diharapkan mampu menanamkan kebiasaan baik dalam menjaga lingkungan dari bahanya sampah di seluruh wilayah ICD (Integrated Community Development) RZ, salah satunya di ICD Lingkar Selatan Kota Bandung.

Pada awalnya warga Lingkar Selatan Kota Bandung yang mengikuti program bank sampah ini hanya dari beberapa ibu-ibu binaan, namun sekarang sudah mulai diikuti warga sekitar untuk pilah sampah. Setelah pengembangan program bank sampah ini terlaksana, kini ibu-ibu tidak lagi membuang sampah sembarangan, juga mengetahui jenis dan cara pengolahan sampah yang baik dan benar.

Warga juga mendapatkan penghasilan tambahan dari sampah yang dijual dan diolah. Hal tersebut didukung dengan pemberian materi pelatihan tentang penyuluhan lingkungan dan mengolah sampah kering dan basah.

Program Bank Sampah di ICD Lingkar Selatan telah memberikan manfaat terhadap kebersihan lingkungan. Para nasabah Bank Sampah secara rutin memberikan asupan sampah yang akan dipilah untuk kembali didaur ulang yang bisa menghasilkan manfaat dan tentunya tidak mencemari lingkungan.

Program Bank Sampah di ICD Lingkar Selatan Kota Bandung ini mempunyai beberapa kegiatan, diantaranya memilah sampah, biopori, penyediaan alat kebersihan, urban farming, penanaman pohon, dan rapat koordinasi dengan pengurus bank sampah.

“Pada bulan Juni 2015 Bank sampah Lingkar Selatan mengalami penambahan nasabah yang cukup signifikan. Nasabah ini secara rutin memberikan sampah yang akan diolah di Bank Sampah Lingkar Selatan menjadi material yang lebih bermanfaat,” pungkas Dani.***

Newsroom/Priyanka Permata
Bandung

Tags :
Konfirmasi Donasi