RZ GULIRKAN PROGRAM PEMBERDAYAAN PETANI DI DESA PANCA MUKTI

RZ LDKO CilegonBANYUASIN. Membangun sumberdaya yang berkualitas, sehat, cerdas dan produktif merupakan salah satu tantangan dalam pembangunan di Indonesia. Dengan membangun ekonomi yang kuat maka akan membantu proses pembangunan sumberdaya yang berkualitas.

Bercocok tanam padi disawah adalah salah satu cara yang dilakukan masyarakat Panca Mukti untuk membangun ekonomi. Karena bercocok tanam padi adalah salah satu penghasilan utama yang dilakukan masyarakat panca mukti.

Program ini diselenggarakan RZ di desa Panca Mukti, kecamatan Muara Telang, kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan. Dilaksanakan selama 4 bulan. Di mulai dari bulan Oktober 2015 sampai Januari 2016. dengan jumlah Penerima Manfaat sebanyak 12 orang petani serta melibatkan 1 orang Relawan RZ. Lokasi implementasi program dilaksanakan di RW.003 Desa Panca Mukti.

Di bulan November ini, petani mulai melakukan aktivitas sulam dan matun (pemeliharaan). Sulam padi yaitu aktivitas dimana petani memindahkan padi yang terlalu rapat kelahan yang agak senggang, sehingga merata.

Aktivitas sulam beriringan dengan aktivitas matun yaitu aktivitas dimana mengambil rumput yang tumbuh dan biasanya bentuk rumputnya yang hampir sama dengan padi atau sering dikenal petani rumput jawan. Selanjutnya kegiatan yang dilakukan adalah pemupukan UREA tahap pertama dan penyemprotan pada tahap pertama.

Selain dibina secara ekonomi masyarakat desa panca mukti juga didampingi secara rohani dengan diadakanya program keagamaan seperti majlis taklim.kedepanya selain mandiri secara ekonimi juga mandiri secara ibadah.

“Saya Bersyukur sekali, atas bantuan yang diberikan RZ kepada kami semua, semoga bantuan yang diberikan bisa kami optimalkan dengan baik, dan menghasilkan panen yang berlimpah, terimakasih RZ” Ucap Aris Gunawan, Petani Panca Mukti.***

Newsroom/Susilowati
Banyuasin

Tags :
Konfirmasi Donasi