RZ LAKUKAN PEMBERDAYAAN LINGKUNGAN DI DESA LANGNSARI LEMBANG

RZ LDKO CilegonBANDUNG. Tanah subur dan udara sejuk mewarnai gambaran kondisi disekitar wilayah Lembang kota Bandung. Banyak wisata lokal yang menjadikan Lembang sebagai lokasi liburan yang wajib di kunjungi saat hari libur atau anak-anak sekolah memanfaatkan liburan sekolah khususnya bagi para anak muda yang senang bereksplorasi keindahan alam pasti pernah beranjak kesana.

Namun dibalik keindahan tersebut terdapat permasalahan yang dihadapi masyarakat lembang terutama warga berada di Desa Langensari RW 03 yaitu permasalahan sampah yang telah menumpuk selama 30 tahun di salah satu lokasi disana. Masyarakat belum memiliki kesadaran dalam mengelola sampah sehingga mereka membuang sampah tersebut begitu saja hingga menumpuk dan menimbulkan bau tidak sedap.

Lembab, bau yang menyengat dan sampah yang berserakan ke jalan tempat warga yang biasa digunakan untuk melintas ke sungai karena hanya disungai tersebut warga langensari melakukan aktivitas mencuci pakaian, dan mandi.

Tahun 2013 RZ masuk untuk turut membantu masyarakat disana. Bantuan awal yaitu memberikan bantuan modal dan sarana usaha warga selaku pelaku UKM. Lalu Bapak Ito selaku ketua RW 03 yang baru diangkat dan peduli akan lingkungan menyampaikan kendala kepada petugas pemberdayaan RZ yang bertugas memberdayakan masyarakat diwilayah Langensari soal sampah yang sudah menggunung dan mengganggu kenyamanan serta kesehatan warga.

Setelah ada informasi bahwa RZ telah menyalurkan sejumlah dana untuk turut membantu mengatasi permasalahan dan pelestarian lingkungan untuk Desa Lengensari. Ketua RW 03 yaitu Bapak Ito mengerahkan warganya untuk bersama-sama membersihkan sampah yang menggunung dan sudah berbau busuk.

“sampah disini sudah 30 tahun tidak diangkut dan dibiarkan menggunung, segala macam ada disana mulai dari sampah plastik, bangkai hewan, kotoran manusia, makanan yang membusuk. Semua berasal dari warga yang sudah terbiasa membuang sampah disana.” Tutur Pak Ito menjelaskan kepada kami saat dijumpai bulan November lalu.

Dana yang diturunkan oleh RZ digunakan untuk membangun lokasi pengolahan sampah di lokasi tersebut. Dan kini telah terbangun lokasi pengolahan sampah Desa Langensari Lembang juga terbentuk keolompok warga yang cinta lingkungan yaitu komunitas Masyarakat Pecinta Lingkungan (MCL) untuk membantu dalam mengelola masyarakat peduli lingkungan.

Kampung berseri menjadi visi masyarakat di Desa Langensari. Mencapai visi tersebut masyarakat bersama petugas fasilitator mengadakan program Bank Sampah. Dimana program Bank Sampah ini menjadi jalan bagi warga tidak membuang sampah sembarangan dan manfaat lainnya warga mampu mendapatkan penghasilan dari sampah yang disetor setiap minggu ke lokasi Bank Sampah. Lokasi Bank Sampah dibangun oleh warga bersama RZ dengan menyewa sebuah lahan kosong selama setahun di tahun 2015 ini. Warga kini rutin menyetor sampah kesana dan sudah terdaftar sebanyak 70 member Bank Sampah aktif. Hal ini menggambarkan bahwa warga sudah sadar dan peduli akan pentingnya pengolahan sampah.

Tempat pengolahan sampah yang pertama terdapat tungku pembakaran bagi sampah yang tidak memiliki nilai ekonomis dan terdapat proses pemupukan untuk sampah organik dimana pupuk tersebut dapat dijual dan hasilnya dapat dimanfaatkan bagi para pengolah sampah.

Medan yang miring dan terjal untuk menuju lokasi pengolahan sampah menjadi tantangan bagi Pak Ito dan teman-temannya, tidak jarang mereka terjatuh keselokan dan roda sampah yang dibawa mengelinding kebawah menabrak parit. Namun hal ini dapat teratasi ketika RZ menurunkan dana bantuannya kembali kepada Pak Ito dan teman-temannya yaitu sebuah roda sampah yang memiliki rem sehingga mengurangi beban para pengelola sampah.

Kini pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan dan pelestarian lingkungan untuk Desa Langensari telah terwujud, kesadaran warga sudah tinggi akan kebersihan terutama sampah. Jarang terlihat warga membuang sampah disana saja dan terlihat bila kita berkunjung ke Desa Langensari jalan yang bersih dari sampah menjadi pandangan sedap diantara runtutan rumah-rumah warga yang asri.

“Terimakasih kepada donatur dan RZ yang telah senantiasa membantu warga Desa Langensari dalam mengatasi sampah, sudah banyak bantuan yang kami rasakan semoga menjadi amal kebaikan.” Tutup Pak Ito.***

Newsroom/Yadi Mulyadi
Bandung

Tags :
Konfirmasi Donasi