RZ LANGSUNGKAN ORIENTASI DAN PRADIKSAR ANGGOTA BARU RELAWAN RZ BEKASI

RZ LDKO CilegonBEKASI. Proses Open Rekrutmen Calon Relawan RZ tahap demi tahap terlewati, tahapan orientasi dan pradiksar yang tahun sebelumnya selalu kami pisah, kini kami rangkum menjadi satu rangkian acara, dua hari satu malam, Sabtu (31/10) dan Minggu (01/11), adalah rangkaian tahap Orientasi dan Pradiksar Relawan RZ Bekasi.

Di hadiri oleh 13 orang Calon Relawan dan 21 Relawan RZ Bekasi. Acara berlokasi di Bascam Relawan RZ Bekasi, diawali dengan Pembukaan, Tilawah, Saritilawah, menyanyikan Mars RZ dan sambutan dari Kordinator Relawan RZ Bekasi, saudara Ramdhani.

Kemudian dilanjutkan dengan Materi I tentang Kerelawan, mengupas RZ dan Relawan RZ, yang disampaikan oleh Bapak Budiman, beliau adalah konsultan ZA RZ Bekasi, Relawan Angkatan I di Bekasi, dan diksar angkatan ke III di Bandung. Materi I, berisikan tentang apa itu relawan, tujuan menjadi relawan, sejarah lahirnya Relawan di RZ, Sejarah lahirnya RZ (DSUQ, RZI, Rumah Zakat dan RZ) dilengkapi pula dengan photo-photo.

Menurut bapak Budiman, Relawan merupakan ujung tombak dari lembaga RZ, dimana peran relawan sangat menentukan perkembangan RZ menjadi pesat dan maju seperti sekarang ini.Setelah materi, dilanjutkan dengan pemutaran video aksi Relawan RZ senusantara, ada kisah relawa ninspiratif dari mas Achmad Budi Santoso, anak SD Juara, Relawan RZ Pekanbaru dan Makassar.

Setelah cukup beristirahat, pukul 03,00 wib acara dilanjutkan dengan Shalat Qiyamul lail berjama’ah yang dipimpin oleh Zulkifli Akbar (Relawan RZ Bekasi, aktif), kemudian shalat subuh berjama’ah dan dilanjutkan dengan Tausiyah pukul 05.00 wib, oleh ustad. Abdul Latief, beliau dahulu amil dan sekaligus Relawan RZ Bekasi.

Menurut pak Al (kami biasa menyapa), Relawan itu harus memiliki jiwa dan semangat yang berani, hati yang sabar, ikhlas dan juga di bungkus dengan tawadhu (Rendahhati). Acara kemudian dilanjutkan dengan olahraga, Apel Pembukaan, lalu sarapan pagi dan bersih-bersih.

Pukul 07.30 wib, dilanjutkan dengan Materi II, tentang PPGD (PertolonganPertamaGawatDarurat), yang disampaikan oleh Prasetyaningsih dan Uly Munthoifah (Relawan RZ Bekasi, aktif). Materi berisikan tentang Pengenalan dasar PP (Pertolongan Pertama), tujuan, tindakan pelaku PP, alat-alat PP dan APD (Alat Pelindung Diri).

Selain itu juga ada pengenalan tentang Pembidaian, alat-alat bidai dan simulasi pembidaian serta Tanya jawab. Kemudian pukul 10.00 wib, dilanjutkan dengan materi III tentang Manajemen Perjalanan yang disampaikan oleh Febri Yoga (Relawan RZ Bekasi, aktif).

Materi berisikan bagaimana kita mengelola perjalanan yang telah kita rencanakan agar dapat berjalan secara efektif dan efisien. Mulai dari Prapelaksanaan, Pelaksanaan sampai Pasca pelaksanaan. Persiapan mengali informasi data lokasi, persiapan SDM, Perlengkapan dan Peralatan sedetail-detailnya, sampai kepada evaluasi dan publikasi setelah pelaksanaan perjalanan.

Kemudian dilanjutkan dengan simulasi pembuatan bivack dan pemutaran video tentang survival. Setelah sholat dhuhur berjama’ah, acara dilanjutkan dengan Apel penutup, dokumentasi dan ramah tamah, antara calon Relawan dan Panitia.

Alhamdulillah rangkaian kegiatan Orientasi dan Pradiksar Calon Relawan RZ Bekasi tahun 2015 berjalan lancar dan khitmat, walau warnai dengan suasana duka yaitu meninggalnya adik Salsabila Nafida (4 bulan), salah satu keponakan dari Kang Herry dan Bundo Evi (Pasang suami istri Relawan) yang rumahnya tidak jauh dari Bascam Relawan RZ Bekasi.

Sholat jenazah, ta’ziah, mengantarkan sampai proses pengkuburan, yang hanya bisa kami lakukan. Berharap semoga Allah SWT berkenan melapangkan kuburnya, berada disisinya pada tempat yang terbaik dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi keikhlasan, kesabaran dan ketabahan, aamiin. Selamat jalan adik Salsabila Nafida.***

Newsroom/Nurannida
Bekasi

Tags :
Konfirmasi Donasi