RZ SALURKAN 14.072 LITER AIR BERSIH DI LOKASI KEKERINGAN TERPARAH PROBOLINGGO

RZ LDKO CilegonPROBOLINGGO. Adalah Dusun Pelan Kerrep, Desa Sumber Kare merupakan salah satu daerah kekeringan terparah di Kabupaten Probolinggo. Daerah ini memiliki tanah yang bertekstur padat dan merupakan perbukitan, sehingga tidak bisa membuat sumur untuk sumber air. Air PDAM pun tidak bisa mencapai daerah ini dikarenakan terletak di daerah tinggi.

Warga memanfaatkan Air Sungai untuk keperluan sehari-hari dengan menempuh jarak 1 km dan jalan menurun terjal. Dimusin kemarau panjang ini, air sungai mulai mengering karna sungai tadah hujan. Air yang tersisa pun keruh kehijuan bercampur lumut.

Mereka kekurangan air bersih bisa dkatakan sepanjang tahun. Didaerah ini Kaum ibu-ibu yang bertugas mencari air dengan membawa timba dan gayung, setelah penuh mereka pikul dengan kepala. Mungkin karena sudah terbiasa, leher dan kepala mereka ini kuat memikul air. Walau panas dan jalan terjal mereka tempuh untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari.

Dibulan Agustus lalu, warga mendapatkan droping Air Bersih dari RZ (Rumah Zakat) sebanyak 14.072 Liter. Mereka begitu senang dan bersyukur bisa mendapat kesempatan menerima bantuan tersebut.

“Alhamdulillah pada hari Kamis 3 September 2015 kemarin, RZ bersama Relawan Inspirasi menyalurkan air bersih sebanyak 12.000 Liter dan sabtu, 5 september 2015 6.000 Liter. Warga sangat antusias mengambil air. Sekitar 700 PM yang mendapatkan air bersih. Tua muda dan anak-anak antri mengambil air. Mereka berharap RZ kembali mengirim air di daerahnya,” tutur Henny Widiastuti selaku Chief Program Officer RZ.

“Terimakasih kepada donatur RZ yang telah menyalurkan air di tempat kami, kami sangat kesulitan air, dan alhamdulillah sekarang gentong air sudah diisi penuh. Selain untuk minum, air tong ini dpake anak-anak santri untuk berwudhu di Musholla ini. Semoga Allah membalas amal ibadah Donatur. Aamiin,” tutur Mbah Sumandi (90 tahun) salah seorang warga dusun Pellan Kerrep.***

Newsroom/Ria Arianti
Probolinggo

Tags :
Konfirmasi Donasi