RZ SALURKAN BANTUAN USAHA BUDIDAYA LELE DI ICD SEMINGKIR

RZ LDKO CilegonPEMALANG. Bulan Agustus merupakan bulan spesial bagi seluruh rakyat Indonesia. Anugerah kemerdekaan dari segala bentuk penjajahan yang Allah Swt berikan hendaknya benar-benar menjadikan kehidupan kita menjadi lebih baik. Tak terkecuali pada bulan agustus tahun ini, khususnya bagi tiga orang warga dusun sliginting desa Semingkir, kabupaten Pemalang.

Pada bulan Agustus lalu, mereka mendapatkan bantuan modal pemberdayaan potensi lokal dari Rumah Zakat melalui Relawan Inspirasinya. Jumlahnya memang tidak besar, hanya Rp 3 juta, Tetapi modal usaha ini mampu membuka usaha baru yang bisa menambah pendapatan bulanan mereka.

Melalui kelompok UMKM “maju sejahtera” yang beranggotakan Bapak Sutrisno (Ketua), Bapak Musbihin, dan Bapak Rubai, bantuan ini akan mereka kembangkan melalui usaha budidaya ikan lele rumahan dengan memanfaatkan kolam/tempat yang sudah ada sebelumnya , serta pengembangan produksi es krim singkong.

Bapak Sutrisno sehari-hari bekerja sebagai buruh bongkar muat pasir. Pengalaman sebelumnya , ia sukses berbudidaya ikan lele rumahan, tanpa harus meninggalkan pekerjaannya. Hanya saja waktu itu masih terkendala modal dan manejemen produksi dan pemasaran, sehingga ketika waktunya panen, hasilnya lebih banyak dikonsumsi sendiri sehingga tidak mampu untuk membeli bibit ikan kembali.

Sedangkan Bapak Musbihin sehari-hari bekerja sebagai tukang jahit musiman. Bila jahitan sedang sepi, ia alih profesi sebagai penjual es krim singkong. Keahliannya mengolah bahan baku singkong menjadi es krim yang enak perlu dikembangkan lebih luas. Saat ini ia bermain sebagai one man show, ia produksi lalu dijual sendiri keliling dari desa ke desa. Sementara Bapak Rubai sehari-hari bekerja sebagai buruh tani.

Program pemberdayaan potensi lokal di desa Semingkir ini akan mulai aktif bulan September 2015 ini. Saat ini persiapan yang sedang dilakukan adalah pengeringan kolam dan selanjutnya akan diisi dengan air sebagai media budidaya. Untuk tahap awal bibit ikan lele yang akan ditebar sebanyak 2000 ekor.

Jika tidak ada halangan yang cukup signifikan, program pembesaran ikan lele ini akan panen. Sedangkan untuk produksi es krim singkong ini sedang dalam tahap diversifikasi kemasan agar bisa dipasarkan secara lebih luas jangkauannya dan secara kualitas mampu bertahan lebih lama.

“Saya ucapkan terimakasih kepada rumah zakat, yang telah memberikan bantuan modal usaha kepada kami baik untuk produksi es krim singkong maupun untuk budidaya ikan lele, mudah-mudahan dana dari rumah zakat ini bermanfaat dan berkembang untuk menambah penghasilan. Mampu memerdekakan kami dari kemiskinan, dan kelak suatu saat, giliran kami yang membantu saudara kami yang lain. Amiin.. ” Demikian ujar Bapak Sutrisno selaku ketua kelompok UMKM “maju sejahtera”.***

Newsroom/Rico A Yuza
Pemalang

Tags :
Konfirmasi Donasi