SARANA USAHA PLANJAN LANGKAP

LANGKAP, Senin (19/08). Relawan Inspirasi Rumah Zakat Desa Berdaya Langkap, Kec. Bumiayu, Kab. Brebes, Jawa Tengah, telah menyalurkan bantuan modal untuk sarana usaha. Bantuan tersebut diberikan kepada pengusaha gula merah dan pengrajin rinjing.

Kerajinan dari bambu, sejenis keranjang tetapi dengan anyaman rapat, disela-sela penyaluran, Relawan Inspirasi berbincang-bincang tentang usaha yang mereka jalankan.

Pengusaha gula merah di desa Langkap berjumlah sekitar 30 orang. Keseluruhan pengusaha berdomisili di Dukuh Planjan, di Dukuh yang lain tidak ada. Hal ini dikarenakan faktor alam Dukuh Planjan yang mendukung dan terletak di pinggiran desa, yang masih banyak memiliki kebun-kebun kelapa.

Produk gula merah di Desa berdaya Langkap sudah cukup dikenal masyarakat. Pemasyarannya biasanya dijual ke pasar Bumiayu, dan ada pula yang dibeli bakul atau pedagang besar langsung serta ada yang dijual oleh pengusaha sendiri.

Produk gula merah tersebut asli tidak menggunakan bahan campuran apapun, dengan rasa yang manis dan gurih. Si manis ini layak kita konsumsi dan kita populerkan.

Ibu Suyem salah satu perwakilan pengusaha gula merah mengucapkan, “Terima kasih Rumah Zakat atas bantuan donasinya.”

Newsroom

Lailatul Istiqomah | Hanaa Afifah

Tags :
Konfirmasi Donasi