SARAPAN TINGGI PROTEIN BUAT KENYANG LEBIH LAMA

Selama ini, beberapa sajian mengandung karbohidrat seperti roti panggang, nasi goreng, dan bubur ayam, seakan sudah menjadi menu yang lazim untuk sarapan pagi kita di rumah. Namun demikian, ada baiknya kita mengubah kebiasaan tersebut mulai sekarang.

Hasil penelitian terbaru mengungkap, menyantap makanan kaya protein ketika sarapan di pagi hari ternyata dapat memberikan rasa kepuasan lebih lama bagi kita, dibandingkan mengonsumsi protein dalam jumlah yang sama pada jam-jam makan lainnya.

“Temuan tersebut kembali mengingatkan kita akan betapa pentingnya memulai hari dengan asupan protein,” ujar ahli gizi dari Brick CrossFit di West Hollywood, AS, Erica Giovinazzo, seperti dilansir The Daily Beast, Senin (2/11).

Ia menjelaskan, orang-orang yang menyantap sarapan kaya protein memiliki hasrat untuk makan yang lebih sedikit sepanjang hari, dan merasakan kenyang lebih lama. Sebaliknya, mengonsumsi makanan mengandung tepung (karbohidrat) seperti sereal atau roti panggang tanpa protein saat sarapan, biasanya akan menimbulkan rasa lapar yang kuat pada waktu pagi menjelang siang.

Sebagai perbandingannya, kata dia, sarapan yang sarat karbohidrat hanya membuat orang merasa kenyang selama satu jam. Sementara, sarapan yang mengandung protein tinggi mampu memberikan rasa kenyang kepada Anda selama tiga jam.

Manfaat sarapan kaya protein itu diperkuat pula oleh hasil temuan sebuah studi yang dirilis British Journal of Nutrition baru-baru ini.“Protein membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dibandingkan karbohidrat, sehingga bisa menahan rasa lapar lebih lama,” kata Giovinazzo.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi