SAYURAN DAN IKAN BUAT ORANG TUA HIDUP LEBIH PANJANG

Mengonsumsi sayuran dan ikan memang memiliki banyak manfaat. Baik tua maupun anak-akan selalu dianjurkan mengonsumsi kedua makanan tersebut.

Studi baru di Swedia menunjukan bahwa orang tua yang makan lebih banyak ikan dan sayuran memiliki kesempatan hidup lebih lama daripada yang tidak mengonsumsinya.

Sebanyak 4.000 orang tua berusia 60 tahun, baik laki-laki atau pun perempuan dengan kadar tinggi lemak tak jenuh ganda yang berasal dari ikan dan tanaman, secara signifikan lebih kecil kemungkinan untuk meninggal karena penyakit jantung atau sebab lain selama sekitar 15 tahun.

“Studi ini mendukung pedoman diet saat ini yang menyarankan memiliki cukup asupan ikan dan minyak sayur dalam diet jantung sehat,” kata penulis studi senior dr. Ulf Riserus, seorang peneliti nutrisi di Universitas Uppsala di Swedia, dilansir dari Foxnews.

Lemak baik bisa ditemukan dalam ikan, seperti salmon, trout dan ikan haring, serta alpukat, zaitun, kenari dan minyak nabati cair seperti kedelai, jagung, safflower, canola, zaitun dan bunga matahari.

Menurut pedoman diet terkini, orang dewasa memerlukan 20 sampai 30 persen lemak dari kalorinya tiap hari. Sebagian besar harus terisi dari lemak baik, mengurangi sedikit lemak jenuh dan trans.

Riserus dan beberapa rekan menulis dalam American Heart Association Journal Circulation tentang jenis lemak yang dikonsumsi lebih penting daripada kuantitas dalam memengaruhi asam lemak. Hal ini dapat meminimalisir risiko penyakit jantung dan gangguan pada peredaran darah.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi