SD JUARA BANDUNG GELAR MANASIK HAJI

RZ LDKO CilegonBANDUNG. Dalam rangka menyambut Idul Adha, SD Juara Bandung binaan RZ (Rumah Zakat) menggelar manasik haji hari ini, Rabu (22/09). Tujuan diselenggarakannya simulasi manasik haji ini untuk mengedukasi anak-anak tentang ibadah haji serta memotivasi anak-anak untuk pergi haji.

Sebanyak 148 siswa mengikuti kegiatan manasik haji. Acara diawali dengan penyampaian atau presentasi tentang suasana mekah, ibadah haji, dan gambaran berbagai tempat yang dipakai saat ibadah haji oleh guru yang pernah mengalaminya, Nurliya Dwi Primawanti.

Anak-anak memulai kegiatan manasik haji dengan pengkondisian pemakaian kain ihram. Kemudian dilanjutkan dengan menunggu pemberangkatan pesawat di Bandara Soekarno Hatta, mendengarkan arahan pramugari di pesawat, pengecekan passport di Bandara King Abdul Aziz, penyambutan oleh Imamul Hajj menuju Miqat di Bir Ali, khutbah haji di Arafah, mengambil batu di Muzdalifah untuk lempar Jumrah, sesi tawaf, shalat sunnah 2 rakaat setelah tawaf, dan terakhir tahalul.

Selain kegiatan manasik haji, sehari sebelumnya, Selsa (22/09) sekolah juga memperlihatkan kepada anak-anak untuk mengetahui proses pemotongan hewan kurban.

“Meski tempat masih terbatas dan kurang representatif namun siswa mengikuti alur acara manasik haji dengan khidmat,” papar Achmad Gozali, Pembantu Kepala Sekolah.

Para siswa begitu bersemangat dan antusias dengan kegiatan manasik haji ini. “Aku merasa senang bisa ikut kegiatan manasik haji, meski sudah pernah ikut di TK tapi manasik di SD Juara lebih seru karena seperti benar-benar mau berangkat haji,” ujar Bilqis Ferisha Putri, siswa kelas 1 SD Juara Bandung.***

Sumber : http://www.dikonews.com/2015/09/23/189415-sd-juara-bandung-gelar-manasik-haji

Tags :
Konfirmasi Donasi