SD JUARA CILEGON KENALKAN PERMAINAN TRADISIONAL PADA SISWA

RZ LDKO CilegonCILEGON. Anak-anak kelas 1 SD Juara Cilegon sedang mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) pada hari Selasa (3/11). Pada KBM kali ini, guru ingin mengenalkan mengenai permainan-permainan tradisional seperti permainan ular naga, permainan sepiring-dua piring, dan lain sebagainya.

Pada kesempatan kali ini anak-anak di ajak untuk bermain ular naga dimana semua siswa melakukan ‘hom pim pa’ terlebih dahulu, untuk menentukan 2 orang yang jadi. Nanti 2 orang ini akan menentukan nama kelompoknya masing-masing, biasanya mengambil dari nama buah-buahan. Setelah itu anak-anak membentuk barisan seperti ular naga yang panjang, lalu berjalan sambil menyanyikan lagu ular naga panjangnya.

Ketika lagu habis, maka 2 orang yang jadi tadi harus menangkap salah satu siswa yang menjadi ular panjang tadi. Siapa yang ketangkap, mereka akan menentukan salah satu nama kelompok yang sudah ditentukan tadi. Nama kelompok yang telah dipilih tadi, maka siswa tersebut harus bergabung dengan kelompok yang telah dipilihnya tadi. Setelah semua siswa tertangkap, dan sudah mendapatkan kelompoknya masing-masing, kini setiap ketua kelompok harus memakan atau mengambil salah satu anggota dari kelompok lainnya.

“Pengenalan permainan tradisional ini, supaya siswa mengetahui permainan tradisional apa saja yang ada di Indonesia, dan supaya siswa juga lebih tertarik dengan permainan tardisional di bandingkan dengan permainan yang ada di gadget,” Ungkap Siti Nurasiah selaku wali kelas 1 SD Juara Cilegon.***

Newsroom/Susanto
Cilegon

Tags :
Konfirmasi Donasi